Beranda blog

Di Rumah Saja Malah Sebabkan Jerawat? Berikut Penjelasannya

Ilustrasi jerawat. (Foto: Boldsky)

Waspada.co.id – Selama dirumah aja dimanfaatkan wanita untuk mengistirahatkan kulit wajah dari pemakaian makeup atau paparan debu dan polusi. Alih-alih berharap kulit bersih dan sehat karena tidak terpapar dunia luar, namun nyatanya malah muncul jerawat.

Mengapa seperti itu? Berikut adalah jawabannya:

1. Tidak membersihkan wajah secara teratur
Sangat mudah untuk melupakan rutinitas membersihkan wajah saat berada di rumah. Apalagi, kamu tidak memakai make-up dan belum meninggalkan rumah sama sekali.

Tetapi Dr Michelle Wong, Dokter di IDS Clinic, mengatakan, tidak ada alasan untuk malas dalam hal pembersihan.

“Malas membersihkan wajah, akan mengarah pada penumpukan sebum dan sel-sel kulit mati di folikel kulit kita dan mendorong pertumbuhan propionibacterium acnes. Ini menyebabkan peradangan pada kelenjar sebaceous dan jerawat kita,” kata Wong.

2. Kulit tidak terkelupas
Pengelupasan kulit akan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan kotoran, yang jika tidak dihilangkan pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat. Ketika pori-pori tersumbat, cenderung membuat mereka tampak lebih besar karena mengembang untuk kemudian mengisinya dengan kotoran.

Pengelupasan kulit membantu merapatkan pori-pori yang membesar, dan membantu menghaluskan kulit dengan melarutkan sel-sel kulit mati, dan ini pada akhirnya akan meminimalkan penampilan pori-pori.

3. Sedang stres
Pandemi ini jelas masa yang tidak biasa dan wajar untuk merasa khawatir, cemas dan stres tentang segala sesuatu, mulai dari bagaimana nasib keluarga hingga apakah kamu masih akan memiliki pekerjaan di akhir semua ini. Dan ini juga bisa menjadi salah satu alasan jerawat keluar.

4. Makanan tak sehat
Karena stres, kamu makan semua makanan yang salah, seperti cupcake, kue, roti pisang, pizza, pasta, dan makanan lain yang sedang kamu coba untuk buat sendiri di rumah. Wajar jika menginginkan makanan yang menenangkan ketika kamu sedang stres. Tetapi, ini juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa jerawat masih bisa tumbuh saat di rumah saja.

5. Memencet jerawat
Berada di rumah, tanpa ada orang lain selain keluarga yang dapat melihatmu, membuatmu bebas melakukan apa saja termasuk memencet jerawat.

Dr Wong mengatakan, untuk menghindari melakukan ini karena memencet atau memecahkan jerawat dengan peralatan atau teknik yang tidak tepat dapat menyebabkan lebih banyak peradangan, jaringan parut, dan lebih banyak jerawat muncul.

Faktanya, yang terbaik adalah menjauhkan tangan dari wajah sama sekali karena menyentuhnya seringkali menyebabkan perpindahan bakteri dari tangan ke wajah, yang mana ini membuat wajah lebih rentan terhadap jerawat. (kompas/data2)

Advertisement

Sering Disamakan, Simak Beda Vegan dan Vegetarian

Ilustrasi (Foto: Gudstory)

Waspada.co.id – Saat ini pola makan vegan dan vegetarian identik dengan ikon gaya hidup sehat. Pola makan ini lebih memilih bahan makanan nabati, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Gaya hidup seperti ini semakin populer, sebab disinyalir memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh manusia.

Karena berbagai alasan banyak orang yang memilih menjalani hidup sehat dengan vegetarian maupun vegan. Seperti ingin lebih sehat, program menurunkan berat badan, kecintaan terhadap hewan, dan lainnya.

Konsumsi sayur dan buah merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang. Keduanya mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Berbagai kajian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup berperan dalam menjaga kenormalan takanan darah, kadar gula dan kolesterol darah.

Populernya gaya hidup vegan dan vegetarian, menyebabkan banyak orang memutuskan untuk berhenti memakan daging serta olahannya. Namun, sebagian orang masih belum paham betul perbedaan antara vegan dan vegetarian.

Vegetarian Society mendefinisikan vegetarian sebagai gaya hidup yang dijalani oleh seseorang dengan menu makanan biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, jamur, dan beberapa makanan non-hewani lainnya seperti garam dengan atau tanpa produk susu, madu dan/atau telur.

Gaya hidup vegetarian memiliki beberapa tipe yang salah satunya adalah vegan. Tipe pertama yakni lacto-ovo-vegetarian yang memakan produk susu dan telur. Diet vegetarian jenis ini merupakan yang paling umum dijalani. Jenis berikutnya yakni lacto-vegetarian yang memakan produk susu tetapi menghindari telur. Ada pula jenis ovo-vegetarian yang memakan telur tetapi tidak mengonsumsi produk susu.

Sedangkan, tipe vegan dianggap paling ketat dan ekstrem.

Vegan Society mendefinisikan vegan sebagai cara hidup yang berusaha untuk menghindari semua bentuk eksploitasi dan kekejaman hewan sebanyak mungkin. Oleh karena itu, pola makan vegan tidak hanya menjauhi daging hewan, tetapi juga susu, telur, dan bahan-bahan yang berasal dari hewan. Termasuk gelatin, madu, pepsin, lak, albumin, kasein, dan beberapa bentuk vitamin D3.

Vegetarian dan vegan sama-sama menghindari daging dalam menu makanan mereka karena alasan lingkungan. Vegetarian masih mentoleransi beberapa produk yang dihasilkan oleh hewan seperti susu dan madu, tapi vegan memilih untuk menghindari produk-produk itu. (cnnindonesia/data2)

Advertisement

Laudya Cynthia Bella Akui Telah Berpisah, Ini Respon Raffi Ahmad

foto: ist

Waspada.co.id – Akhirnya, Laudya Cynthia Bella buka suara mengenai rumah tangganya dengan Engku Emran. Ia mengaku telah berpisah dengan pria asal Negeri Jiran tersebut.

Laudya Cynthia Bella mengumumkan perpisahannya itu melalui sebuah video, yang kemudian tersebar ke media. Tentu saja, hal ini juga didengar Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad ikut sedih dengan Laudya Cynthia Bella, yang kini harus berstatus janda.

Tak Berani Bertanya
Sejak ramai isu keretakan rumah tangga Bella dengan Engku, Raffi memilih untuk tidak percaya dan mengangapnya hanya gosip. Raffi juga memilih untuk tidak bertanya langsung kepada Bella karena khawatir akan menambah kesedihannya saat ini.

Beri Pesan
Setelah mengetahui Laudya Cynthia Bella bercerai, Raffi Ahmad mengirimkan pesan dukungan untuk wanita yang kini menjadi sahabatnya itu. Pesan dukungan itu disampaikan Raffi di program acara Okay Bos, Rabu (1/7/2020), yang dipandunya bersama sang istri, Nagita Slavina.

“Aku baru mendengar kabar yang kurang mengenakkan dari teman aku, bukan dari Vicky, tapi dari teman aku yang lain,” kata Raffi Ahmad.

Bukan Teman
Ucapan Raffi tersebut langsung disela oleh Nagita yang mengoreksi jika teman yang dimaksud oleh suaminya itu adalah mantan kekasih yang tak lain Laudya Cynthia Bella.

“Sayang, tunggu itu, mohon maaf, itu bukan teman, itu kan mantan pacar kamu,” ujar Nagita.

Cemburu?
Koreksi yang dibuat Nagita membuat Raffi Ahmad menduga istrinya tengah cemburu.

“Kamu cemburu?” goda Raffi Ahmad pada sang istri.

Tak terima dianggap cemburu, Nagita menegaskan Bella juga salah satu temannya. “Dia (Bella) kan temen aku juga, enggak cemburu,” pungkas Nagita Slavina.

Mendoakan yang Terbaik
Raffi Ahmad ikut mendoakan semoga keputusan yang diambil oleh pemain film Surga yang Tak Dirindukan itu, merupakan yang terbaik.

“Tapi setelah aku melihat dan mendengar dari satu infotainment, kamu memberikan suatu pernyataan, ya aku mendoakan mudah-mudahan keputusan ini adalah keputusan yang terbaik,” ungkap Raffi.

Tegar
Bapak satu anak ini mendoakan wanita 32 tahun itu supaya bisa tegar menghadapi cobaan yang kini menimpanya.

“Aku juga selalu mendoakan mudah-mudahan kamu selalu dalam lindungan Allah SWT dan juga menjalani ke depannya lebih kuat lagi. Kalau kamu ada apa-apa telepon aku aja. Buat Bella tetap tabah,” ucap Raffi. (Dream/data2)

Advertisement

Survei: Airlangga Populer, Yasonna Layak Ganti, Susi Favorit

Airlangga Hartarto(foto: viva)

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, melakukan survei terkait popularitas menteri kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Hasilnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto paling populer selama pandemi Covid-19.

Survei dilakukan di 135 desa di 30 provinsi di Indonesia pada 8-25 Juni lalu. Dalam survei ini, fokus melihat tingkat kepopuleran dan kinerja Kabinet Indonesia Maju (KIM) itu sebanyak 1.350. Survei tersebut menggunakan well being methodology.

“Respon yang hanya populer tetapi justru tidak disukai oleh publik,” katanya, Sabtu (4/7).

Berdasarkan survei, Airlangga mendapatkan 48,3 persen disusul Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian 44,8 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kasubandio 42,8 persen.

Selanjutnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi 39,5 persen, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati 34,9 persen, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara 31,5 persen, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir 27,2 persen.

IPO juga survei menteri yang dianggap layak untuk dicopot. Hasilnya, 64 persen menilai Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly layak diganti. Posisi kedua ditempati Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sebanyak 52,4 persen diikuti Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah 47,5 persen.

Selain itu, nama Susi Pudjiastuti menjadi sosok yang paling diharapkan kembali ke pemerintahan dengan 37,2 persen responden meminta hal tersebut. Selanjutnya, Arief Yahya diminta untuk mengisi posisi menteri lagi. Mantan Menteri Pariwisata (Menpar) itu mendapat dukungan 32,2 persen.

“Responden juga meminta Dahlan Iskan kembali ke pemerintahan. Dahlan memperoleh dukungan sebanyak 31,4 persen,” katanya.

Ada juga nama lain yang berada di luar koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin. Nama-nama dimaksud adalah mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Calon Wakil Presiden 2019-2024 Sandiaga Uno.

Bahkan, responden mengusulkan mantan Menteri Perhubungan dan Menteri Energi, Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali masuk kabinet. Terakhir, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) juga didukung menjabat menteri. (wol/aa/merdeka/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

Man United Klaim Sancho Setuju Kontrak 5 Tahun

foto: twitter

MANCHESTER, Waspada.co.id – Manchester United dilaporkan telah menyetujui syarat kepindahan Jadon Sancho dari Borrusia Dortmund. MU disebut setuju mengikat Sancho dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Express menyebutkan Man United telah menyetujui salah satu syarat untuk transfer Sancho. Syarat yang dimaksud adalah Setan Merah harus mengontrak winger Timnas Inggris tersebut minimal lima tahun.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa Sancho meminta gaji sebesar 140 ribu pounds (sekira Rp2,5 miliar) per minggu. Gaji Sancho pun naik hingga 200 ribu pounds (sekira Rp3,6 miliar) per minggu, jika turut menghitung bonus dari Man United.

United dilaporkan sudah lama berminat dengan gelandang lincah asal Inggris tersebut. Mereka telah menetapkan harga beli sebesar 50 juta pounds (sekira Rp890 miliar) untuk membawa Sancho ke Old Trafford.

Namun, Dortmund telah menetapkan harga tinggi untuk mantan pemain Manchester City itu. Die Borussen akan melepas Sancho andai United mau membelinya seharga 100 juta pounds (sekira Rp1,76 triliun).

CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, menegaskan Sancho hanya akan pergi jika permintaan mereka dipenuhi MU. Dia menegaskan tidak ada potongan harga bagi pemain berusia 20 tahun tersebut.

Musim ini, Sancho bermain fantastis. Total, Sancho mencetak 17 gol dan 17 assist dalam 32 penampilannya bersama Dortmund yang akhirnya finish runner-up Bundesliga. (wol/aa/express/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

CR7 Gol Free Kick, Juventus Menjauh Dari Lazio

foto: twitter

TURIN, Waspada.co.id – Juventus mengalahkan Torino 4-1 dalam lanjutan Serie A (Liga Italia) di Allianz Stadium, Minggu (5/7). Di laga Derby della Mole ini, Cristiano Ronaldo berhasil mencetak gol lagi dari tendangan bebas.

Bertindak sebagai tuan rumah, Juventus sudah memimpin 2-1 di babak pertama lewat gol Paulo Dybala dan Juan Cuadrado. Torino memperkecil skor jelang turun minum lewat eksekusi penalti Andrea Belotti.

Babak kedua berjalan sesuai harapan bagi pelatih Maurizio Sarri. Dua gol tambahan didapat Si Nyonya Tua berkat free kick Cristiano Ronaldo dan bunuh diri Koffi Djidji. Khusus CR7, ini menjadi gol tendangan bebas pertama selama membela Juventus.

Alhasil, Juventus makin perkasa di puncak klasemen Liga Italia dengan 75 poin dari 30 pertandingan atau unggul tujuh angka dari Lazio. Kalah dari Bianconeri, Torino ada di peringkat 15 dengan 31 poin.

Tak hanya itu, kiper Gianluigi Buffon juga mendapat moment spesial kala tampil mengawal gawang Juventus. Pasalnya, kiper berusia 42 tahun itu resmi menyandang pemain dengan penampilan terbanyak di Serie A. Dengan 648 penampilan, Buffon mengalahkan legenda AC Milan Paolo Maldini. (wol/aa/ls/dailymail/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

Pilkada Medan: Golkar Dukung Bobby Nasution

Bakal Calon Walikota Medan, Bobby Afif Nasution (WOL Photo)

MEDAN, Waspada.co.id – Teka-teki dukungan Partai Golkar kepada Bobby Afif Nasution sebagai Bakal Calon Wali Kota Medan akhirnya terjawab. Pernyataan politik disampaikan DPD Golkar Sumut setelah rapat internal bersama Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, baru-baru ini.

“Setelah rapat dengan tim seleksi selama satu minggu ini bersama ketua umum, kami memutuskan untuk mengusung Bobby Nasution sebagai kandidat calon Wali Kota Medan pada Pilkada Kota Medan,” kata Plt Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Ahmad Doli Kurniawan Tanjung.

Pernyataan tersebut disampaikan Doli didampingi Ketua Harian DPD Partai Golkar Sumut Ahmad Yasir Ridho Loebis, Sekjen DPP Partai Golkar Hasrul Benny Harahap, dan Ketua DPD Partai Golkar Medan M Syaf Lubis. Menyikapi dukungan tersebut, Syaf Lubis yang dihubungi pun tidak menampik.

“Benar, tadi kami rapat di DPD memang dukungan Golkar ke Bobby Nasution,” katanya, Sabtu (4/7) malam.

“Informasi ini akan disampaikan kepada seluruh pimpinan Golkar Kecamatan se Kota Medan. Kita juga akan buat informasi agar masyarakat tahu Golkar mendukung Bobby untuk menjadi Wali Kota Medan,” bebernya.

Doli juga menuturkan DPP Partai Golkar sudah memutuskan 153 kabupaten/kota dan beberapa provinsi yang sudah ditetapkan nama-namanya. Disebutkan, saat ini nama-nama dimaksud dalam proses pembuatan SK rekomendasi.

“Kita juga sedang menjajaki partai-partai yang akan berkoalisi. Sudah positif Golkar mengusung Bobby Nasution sebagai calon Wali Kota Medan dan siap memenangkannya,” pungkas Doli. (wol/lvz/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

UKG Jadi Keharusan Bagi Tenaga Pendidik

WOL Photo

LIMAPULUH, Waspada.co.id – Bupati Batubara, Ir H Zahir MAP, mengatakan Uji Kompetensi Guru (UKG) sangat penting bagi guru ataupun lembaga dalam meningkatkan mutu pendidikan agar tercapainya tujuan pendidikan baik di kabupaten, provinsi maupun nasional.

Bertitik tolak dari hal tersebut, Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus menindaklanjuti harapan Bupati Batubara dengan salah satunya diawali melakukan UKG yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara. Demikian disampaikan di halaman UPTD SMPN 1 Lima Puluh, Sabtu (4/7).

Ilyas mengakui kegiatan UKG masih menuai perdebatan di kalangan masyarakat, termasuk tenaga pendidik sendiri. Dikatakan, masyarakat bertanya manfaat yang diperoleh guru dengan mengikuti program uji kompetensi tersebut.

Sebagaimana disampaikan Zahir, Ilyas menyebutkan bahwa tenaga pendidik/guru yang belum memiliki S1/D-IV diberi kesempatan menyelesaikan pendidikannya sampai akhir Desember mendatang. Hal ini telah diinformasikan sejak 2016 lalu melalui Disdik Kabupaten Batubara.

“Semua profesi harus jelas kompetensinya. Apalagi sekarang bukan hanya guru, wartawan juga diuji kompetensinya,” ujar mantan Karo Humas Keprotokolan Setdaprovsu ini.

Uji kompetensi, katanya, merupakan langkah awal bagi guru menuju sertifikasi. Di samping itu juga sekaligus mendata dan merapikan administrasi tenaga pendidikan, khususnya guru non Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sebagai seorang pendidik profesional, guru memiliki peran utama memberi pendidikan, mengajar, membimbing, menilai, mengarahkan, melatih serta mengevaluasi peserta didik baik itu usia dini dengan jalur formal, pendidikan dasar maupun pendidikan menengah,” kata Ilyas.

UKG sendiri memiliki kedudukan sebagai sarana kualifikasi untuk guru sebagai tenaga profesional. Disebutkan, peserta UKG berjumlah 1.226 orang dari jenjang UPTD Negeri TK, SD, dan SMP se Kabupaten Batubara dengan 61 ruang uji di SMPN 1 Air Putih, SMPN 1 Lima Puluh, dan SMPN 3 Air Putih. (wol/aa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

Pogba dan Fernandes Main, MU Makin Optimis Tiga Besar

foto: twitter

MANCHESTER, Waspada.co.id – Sempat diragukan bermain akibat cedera saat latihan, Bruno Fernandes dan Paul Pogba berperan dalam kemenangan Manchester United atas Bournemouth di Old Trafford, Sabtu (4/7) malam. Sempat tertinggal, MU menang 5-2.

Sejak awal, Setan Merah bermain menyerang untuk mencetak gol cepat. Keasyikan menyerang, gawang David de Gea justru kebobolan gol Junior Stanislas. Praktis, gol tersebut membuat MU tersentak dan balik menekan pertahanan tim tamu.

Seperti sudah diprediksi, Mason Greenwood menjadi bintang dan terus menunjukkan perkembangan. Striker muda milik United ini menyamakan skor sekaligus membangkitkan semangat rekan-rekannya.

Beberapa menit berselang, MU berbalik unggul ketika hadiah penalti dimanfaatkan dengan sempurna oleh Marcus Rashford. Belum cukup sampai di situ, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer memasuki ruang ganti dengan keunggulan 3-1 berkat gol Anthony Martial.

Di awal babak kedua, Joshua King sempat membuka harapan Bournemouth memberi perlawanan kepada Setan Merah. Namun, tuan rumah tidak tinggal diam dan menambah dua gol ke gawang Aaron Ramsdale.

Greenwood lagi-lagi mencatat namanya di papan skor empat menit berselang gol King. Lima menit kemudian, giliran Bruno Fernandes mencetak gol dari eksekusi tendangan bebas. Hasil ini menjadikan MU naik ke peringkat empat klasemen sementara dengan 55 poin atau unggul satu angka dari Chelsea yang berpeluang membalas andai menang atas Watford, Minggu (5/7).

Dengan kemenangan ini pula, Solskjaer makin optimis tim asuhannya bisa menembus tiga besar di akhir musim sekaligus menggeser Leicester City. Di saat bersamaan, The Foxes mengalahkan Crystal Palace 3-0 dan unggul tiga poin dari MU. (wol/aa/ls/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

Isu Reshuffle, Politikus PKB: Publik Tahu Siapa Menteri Yang Harus Diganti

Mendikbud, Nadiem Makarim. (foto: Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA, Waspada.co.id – Isu reshuffle kabinet menggelinding belakangan ini di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Hal itu muncul setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kekecewaannya atas kinerja kementerian di saat pandemi. Sejumlah nama menteri pun digadang-gadang akan dicopot oleh Jokowi

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq, mengatakan bahwa sebenarnya publik sudah mengetahui siapa menteri yang harus diganti. Hal tersebut diungkapkan Maman saat diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk Menanti Perombakan Kabinet, Sabtu (4/7/2020).

“Menurut PKB, menteri yang pertama harus di-reshuffle menteri agama ya?” tanya host Diskusi Polemik MNC Trijaya, Margi Syarief. “Menteri Kesehatan,” jawab Maman Imanulhaq.

Dia juga mengakui mengkritik Kementerian Agama, namun lebih pada programnya. “Kalau yang lebih penting itu Menteri Kesehatan menurut saya. Kedua, menteri pendidikan. Menteri pendidikan itu sangat, harus digarisbawahi bahwa belajar jarak jauh itu tidak menyelesaikan masalah,” ujarnya.

Dia menilai, terdapat sosok menteri dalam kabinet yang memang tidak pas menduduki pos jabatan yang sekarang diemban.

“Ada beberapa menteri yang pantasnya menjadi kiyai tetapi menjadi menteri, Menteri Kesehatan maksudnya. Ada menteri yang disebut mas Dedi (Direktur IPO-red), sebenarnya tidak berpengaruh, tetapi publik bilang dia berpengaruh,” imbuhnya.

Dia pun mengungkapkan ada kementerian yang mengajukan anggaran tambahan saat Pandemi Covid-19. “Kita sisir programnya. Tidak satu pun menyentuh pandemi,” tegasnya. (okz/data2)

Advertisement