Beranda blog

Lazio Kibar Bendera Putih Kejar Scudetto

foto: twitter

ROMA, Waspada.co.id – Kesialan lagi-lagi dialami Lazio yang harus menerima kekalahan saat menjamu Sassuolo dalam lanjutan Serie A (Liga Italia), Sabtu (11/7) malam. Sempat unggul lebih dulu, Lazio malah tumbang 1-2.

Luis Alberto membobol gawang Sassuolo di menit 33 berawal dari umpan Manuel Lazari. Setelah gol di awal laga digagalkan tayangan Video Assistant Referee (VAR), Giacomo Raspadori kembali menjebol Lazio.

Selepas turun minum, Lazio gagal mempertahankan keunggulannya. Menit 51, tendangan Raspadori dari jarak dekat menaklukkan kiper Lazio Thomas Strakosha. Kekalahan akhirnya menjadi kenyataan bagi Lazio memasuki injury time.

Francesco Caputo memaksa Lazio harus mengubur impian mengejar gelar scudetto musim ini ketika tandukannya memastikan kemenangan tim tamu. Ini menjadi kekalahan keenam bagi skuad asuhan Simone Inzaghi musim ini.

Kegagalan Lazio patut disesalkan sejumlah pihak yang berharap mereka bisa menghentikan gelar scudetto kesembilan Juventus. Pasalnya, Lazio sempat terpaut satu angka dengan Bianconeri. Sejak itu, Ciro Immobile cs mengalami empat kekalahan dalam enam laga terakhir. (wol/aa/ls/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

Munaslub Berkarya Tunjuk Muchdi PR Jadi Ketua Umum

foto: cnnindonesia

JAKARTA, Waspada.co.id – Musyawarah Luar Biasa (Munaslub) Partai Berkarya telah menunjuk Mayjen (Purn) Muchdi Purwoprandono sebagai ketua umum dan Andi Picunang sebagai Sekjen.

“Telah terpilih dalam Munaslub ini, bapak Mayjen Muchdi PR Purnawirawan Angkatan Darat (AD) sebagai Ketum Berkarya periode 2020-2025,” ujar Andi, Sabtu (11/7) malam.

Selain penunjukan Muchdi dan Andi, Munaslub juga menghasilkan keputusan berupa penggantian nama partai menjadi Partai Beringin Karya (Berkarya) dari semula hanya Berkarya saat didirikan pada 5 Mei 2016.

Selain itu, Munaslub juga telah mengubah warna dasar partai dari kuning menjadi putih. Ia menyebut bahwa hasil Munaslub juga telah menetapkan sejumlah program yang akan dijalankan hingga lima tahun ke depan yang selanjutnya dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

“Akan disegerakan tindak lanjut dalam rakernas beberapa bulan ke depan setelah mendapat pengakuan dari pemerintah, dalam hal ini SK Kemenkumham,” katanya.

Selain itu, Andi menambahkan keputusan Munaslub akan dilanjutkan dengan pembentukan tim formatur untuk membentuk kepengurusan partai yang akan dibentuk dalam 1×24 jam ke depan.

Pembentukan kepengurusan partai itu nantinya akan menjadi notaris Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) sebelum kemudian diserahkan ke Kemenkumham untuk mendapat pengakuan.

Andi menyebut acara Munaslub sempat diwarnai penolakan dan intimidasi oleh sejumlah anggota partai lain. Puncak intimadasi itu diawali sejumlah orang mengacak-acak tempat pelaksanaan Munaslub dan merusak atribut.

Merespons hal itu, Andi mengatakan kubunya tak mau ambil pusing. Meski sempat diwarnai kisruh, Andi mengklaim Munaslub legal dengan dihadiri sekitar 220 anggota partai dari 30 provinsi. Jumlah itu diakui sudah memenuhi kuota forum (kuorum). (wol/aa/cnnindo/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

Liverpool Tertahan, Norwich City Degradasi

foto: twitter

LIVERPOOL, Waspada.co.id – Target sapu bersih sisa musim ini gagal diwujudkan Liverpool. Sudah dinobatkan sebagai juara Liga Premier 2019/2020, Liverpool diimbangi Burnley 1-1 di Anfield, Sabtu (11/7) malam.

Liverpool memang tampil dominan, namun Burnley sanggup mencuri kesempatan. The Reds unggul lebih dulu lewat gol Andrew Robertson. Menit 69, Burnley membalas melalui gol Jay Rodriguez. Tim asuhan Jurgen Klopp cuma menambah satu angka dan mengoleksi 93 poin, sedangkan Burnley di peringkat sembilan dengan 50 angka.

Nasib tragis dialami Norwich City yang harus turun kasta ke Divisi Championship. The Canaries terpaksa degradasi menyusul kalah 0-4 dari West Ham United. Empat gol pemberi derita bagi Norwich diborong oleh Michail Antonio.

Alhasil, Norwich pun tetap setia di posisi ke-20 klasemen dengan 21 poin dan tak bisa mengejar lagi Watford di posisi ke-17 yang sukses mengalahkan Newcastle United 2-1. Musim ini, Liga Premier tinggal menyisakan tiga pertandingan lagi.

Ironis bagi Norwich karena mereka promosi ke Premier League sebagai juara Championship. Total, Norwich mengalami 24 kekalahan musim ini dan turun kasta untuk kelima kali. (wol/aa/ls/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

GTPP Covid-19 Medan: Kita Pelajari Dulu Surat Edaran Menkes Soal Tarif Rapid Test

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan, dr Mardohar Tambunan M.Kes (WOL Photo)

MEDAN, Waspada.co.id – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Medan, dr Mardohar Tambunan M.Kes, mengaku belum menerima informasi secara resmi mengenai Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/2875/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Tes Antibodi.

Namun ia berkeyakinan kalau surat tersebut sudah keluar secara resmi, pihak rumah sakit yang menjadi rujukan untuk pemeriksaan rapid test dipastikan sudah menerima informasi tersebut.

“Cuma yang menjadi masalah, apakah rumah sakit rujukan itu akan menuruti surat edaran itu? Itu dia kendalanya. Tapi, mau atau tidak rumah sakit harus mematuhinya. Kalau tidak, akan berhadapan dengan kita (Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan, red),” tegasnya, Sabtu (11/7).

Sekretaris Dinas Kesehatan Medan ini menambahkan, pihaknya akan merespon surat edaran tersebut mulai pekan depan. Soal bakal adanya penolakan dari rumah sakit rujukan mengenai harga, ia pun tidak menampiknya bakal menemukan situasi tersebut.

“Walaupun pihak rumah sakit harus mematuhi surat edearan itu, kita akan terus pelajari aturan baru ini yang terus berkembang. Kira-kira menyalahi nggak! Karena sejauh ini soal harga rapid test belum dikeluhkan warga yang membutuhkan. Dan kita tak bisa keluarkan sanksi bagi rumah sakit yang menolak keputusan pusat itu. Kita wait and see lah,” pungkasnya.

Pada berita sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes menyebut banyak rumah sakit rujukan menolak kebijakan pemerintah pusat mengenai harga tertinggi rapid test. Karena biaya rapid test termurah di Kota Medan saat ini bertarif Rp250 ribu, belum lagi dengan tarif di daerah yang kemungkinan akan lebih tinggi.

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan keluarkan Surat Edaran yang ditandatangani Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo per tanggal 6 Juli 2020. Di mana dalam surat resmi itu dinyatakan tarif tertinggi rapid test adalah sebesar Rp150 ribu, tidak lebih.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Advertisement

Pandemi, PLN Salurkan Bantuan Senilai Rp 42,9 Miliar Melalui Kementerian BUMN

Istimewa

JAKARTA, Waspada.co.id – PLN terus berkomitmen untuk mendukung penanganan pandemi virus corona atau Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Selain menjaga pasokan listrik yang andal untuk masyarakat dan rumah sakit, Tim Manajemen Krisis Covid-19 PLN terus menyalurkan bantuan untuk penanganan Covid-19 melalui Kementerian BUMN.

Total bantuan yang telah disalurkan oleh Tim Manajemen Krisis Covid 19 PLN melalui Yayasan BUMN mencapai Rp 42,9 Miliar.

Menteri BUMN, Erick Thohir mendorong BUMN untuk terus meningkatkan kinerjanya dan terus sinergi memberikan bantuan guna menangani penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Apa yang dilakukan perusahaan-perusahaan BUMN tersebut merupakan bentuk tanggung jawab bersama untuk terus memerangi Covid-19 hingga tuntas,” tutur Erick.

Pada tahap 5, PLN kembali menyerahkan bantuan senilai Rp 2,7 Miliar. Secara simbolis bantuan ini diserahkan langsung oleh Direktur Human Capital dan Management PLN, Syofvi F. Roekman selaku Ketua Tim Manajemen Krisis (Covid-19) kepada Ketua Yayasan BUMN, Harjawan Balaningrath, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (9/7).

“Kami komitmen untuk membantu penanganan Covid-19 di Indonesia. Mudah-mudahan sinergitas PLN dengan BUMN ini dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia,” jelas Direktur Human Capital dan Management PLN, Syofvi F. Roekman.

Pada tahap 5, bantuan yang disalurkan melalui Kementerian BUMN antara lain 13.865 baju hazmat, 50.060 masker, 11.500 sarung tangan, 1.595 kacamata, 3.026 pelindung wajah, 1.000 rapid test kit, 3.900 PCR tes kit, 6 ventilator, hand sanitizer, dan sebagainya.

“Kami prioritaskan membantu tenaga kesehatan dan rumah sakit sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 yang berjuang mengobati para pasien Covid-19,” tutur Syofvi.

Bantuan yang diberikan ini merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh Tim Manajemen Krisis Covid-19 PLN kepada pegawai PLN Grup dan mitra kerja PLN.

PLN berharap seluruh upaya yang dilakukan dapat membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.(wol/rls/data2)

Advertisement

3 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

Beras merah (Foto: Alibaba)

Selama ini kita kebanyakan makan beras putih untuk makan sehari-hari. Namun sebenarnya ada beras merah yang kaya manfaat.

Bahkan banyak orang diet dengan mengonsumsi beras merah. Beras merah disebut memiliki kandungan indeks glikemik rendah (GI), yang dapat membantu mencegah risiko diabetes tipe 2.

Lalu apa saja manfaat beras merah?

1. Mencegah penyakit kronis

Beras merah juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik dan dapat mengurangi risiko sejumlah masalah kesehatan kronis seperti penyakit jantung koroner, kanker, penyakit menular, penyakit pernapasan dan diabetes.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menunjukkan bahwa lapisan dedak pada beras merah dapat meningkatkan pencernaan dan membantu pergerakan usus yang tepat.

3. Memperkuat kekebalan tubuh

Seperti dilansir dari Sindo News, beras merah kaya akan vitamin esensial, mineral dan senyawa fenolik yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. (okz/data2)

Advertisement

Ketua MPU: Buku ‘Ala Aminullah Perangi Rentenir’ Akan Jadi Media Syiarkan Ekonomi Syariah

foto: istimewa

Banda Aceh, Waspada.co.id – Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh Tgk Damanhuri Basyir MAg mengaku terkesan dengan inovasi Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dalam memerangi praktek riba di Kota Banda Aceh.

Ia juga sangat mengapresiasi kiprah Wali Kota Aminullah Usman perangi tengkulak yang disusun dalam sebuah buku berjudul “Ala Aminullah Perangi Rentenir”.

Hal itu terungkap saat MPU Kota Banda Aceh berkunjung ke Pendopo Kota Banda Aceh, Jumat (19/7/2020).

Tgk Damanhuri Basyir sangat mendukung langkah-langkah yang telah dilakukan Ketua Umum MES Provinsi Aceh itu, baik secara pribadi maupun kelembagaan. Ia mengatakan program membasmi rentenir yang di gagas oleh Walikota Aminullah ini solusi sangat tepat, karena Aceh adalah negeri yang menerapkan Syariat Islam.

“Praktek riba ini di haramkan dalam agama Islam dan perbuatan yang sangat di benci oleh Allah, dan ini sangat bertentangan dengan Aceh yang berlandaskan syariah islam. Jadi gagasan Wali Kota sangatlah tepat,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, di dalam Islam itu ada sistem ekonomi syariah, yang mengatur serta menyelesaikan permasalahan ekonomi dengan cara-cara islam.

“Konsep yang di rintis Aminullah ini adalah konsep yang berlandaskan sistem ekonomi syariah, seperti membangun lembaga keuangan mikro PT Mahirah Muamalah Syariah (MMS). Kehadiran MMS sangat membantu umat dan menutup ketergantungan dengan rentenir,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua MPU kota ini juga mengapresiasi terbitnya Buku “Ala Aminullah Perangi Rentenir”.

Ia berharap buku ini menjadi referensi bagi daerah lain di Aceh untuk memerangi rentenir.

“Dan kami juga berharap Buku Ala Aminullah Perangi Rentenir bisa menjadi media dakwah dalam menyebarluaskan sistem ekonomi syariah ke tengah-tengah umat,” harap Tgk Damanhuri Basyir yang juga ikut menulis apresiasinya di halaman kata pengantar dalam buku tersebut. (bandaacehkota/ags)

Advertisement

Petugas KPU Medan Rapid Test Covid-19, Ratusan Orang Reaktif

(WOL Photo)

MEDAN, Waspada.co.id – Ratusan orang dinyatakan reaktif setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengadakan rapid test Covid-19 atas 4.294 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam rangka persiapan Pilkada.

“Saya kurang pasti jumlah PPDP yang reaktif; kalau tidak salah sekitar 121 orang atau 2,8 persen,” kata Komisioner KPU Medan, Rinaldi Khair, Sabtu (11/7).

Disebutkan, pelaksanaan tahapan Pilkada Medan dengan menerapkan protokol kesehatan. Bila ada PPDP yang hasil rapid test-nya reaktif langsung diganti. Petugas yang baru juga wajib mengikuti rapid test.

Rapid test massal KPU Medan hasil kerja sama dengan RSUD dr Pirngadi Medan dan data orang reaktif sudah diterima. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Medan, dr Mardohar Tambunan, mengungkapkan ratusan petugas reaktif akan ditindaklanjuti dengan tes swab metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Pasti di-swab dan kasusnya itu nanti kita selesaikan di tim Gugus dan akan ditelusuri terus itu yang reaktif. Mekanismenya memang seperti itu. Protokol Covid-19 tetap kita laksanakan,” katanya menambahkan Gugus Tugas sudah koordinasi dengan KPU Medan dan RSUD Pirngadi.

Namun, Mardohar mengatakan proses tes swab terhadap PPDP yang dinyatakan reaktif itu tidak bisa langsung dilakukan, melainkan harus terlebih dahulu masuk daftar tunggu. (wol/aa/viva/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

Wisatawan Puji Keindahan Kota Banda Aceh

foto: istimewa

Banda Aceh, Waspada.co.id – Ditengah pandemi Covid-19, antusias wisatawan dari Sumatera Utara berlibur ke Kota Banda Aceh cukup tinggi.

Selain ke Banda Aceh, wisatawan ini menyempatkan diri ke Kota Sabang. Umumnya wisatawan tersebut datang dengan mobil pribadi dan sudah mengantongi hasil rapid tes sebelum berangkat.

Nanda, wisatawan asal Binjai, Sumatera Utara memuji keindahan kota Banda Aceh.

“Tiga tahun lalu waktu kami ke Banda, tidak semarak seperti sekarang, taman kota semakin indah, lampu hias membuat suasana malam tampak hidup, pusat kuliner semakin ramai, sampah pun jarang terlihat berserakan,” ujarnya kepada Waspada Online, Sabtu (11/07/2020).

foto: istimewa

Hendra, yang berasal dari Siantar, mengaku sudah 2 hari berada di Banda Aceh dan minggu pagi berencana ke Sabang.

“Banyak sekali kemajuan kota Banda ini, sekarang sabtu minggu semakin ramai, nanti setelah siap Trans Studio Mall, pasti makin ramai wisatawan asal Sumut yang ke Banda Aceh, kami sekeluarga setiap tahun berlibur ke Banda Aceh. Karena warganya ramah-ramah dan kulinernya enak banget,” jelasnya.

Hendra, wisatawan.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman fokus pada pengembangan destinasi wisata di Banda Aceh. Saat ini UMKM di kota Banda Aceh terus berkembang. Meski situasi pandemi Covid-19, perlahan UMKM mulai bangkit di era New Normal.

Penantian objek wisata terus digalakkan Pemko Banda Aceh, sebagai kota jasa, Banda Aceh ingin menjadi pusat destinasi wisata halal Indonesia. (wol/drs/bang/data2)

Editor: Agus Utama

Advertisement

Bobby Kerahkan Relawan Semprot Desinfektan Rumah Ibadah

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Calon Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, konsisten mendukung penerapan protokol kesehatan. Tak terkecuali dalam rencana pembukaan ibadah gereja umat Protestan, Minggu (12/7).

Bobby turun melakukan pemantauan penyemprotan disinfektan lingkungan gereja, seusai melaksanakan Salat Jumat di Masjid Syuhada. Lokasi yang dituju pengusaha property milenial ini adalah GKPS Simalungun di Kawasan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat.

Bersama Relawan BONUS (Bobby Nasution untuk Semua), di kesempatan ini mantan Manajer Klub Sepak Bola Medan Jaya tersebut juga menyerahkan handsanitizer untuk digunakan Umat Protestan sebelum beribadah nantinya.

“Memang tidak banyak yang bisa kami berikan. Semoga hand sanitizer ini bisa digunakan sebelum memasuki gereja lagi. Sehingga dapat lebih tenang beribadah,” ungkapnya, Sabtu (11/7).

Mendukung protokol kesehatan bukan baru kali ini dilakukan suami Kahiyang Ayu tersebut. Sebelumnya, dia juga sudah memberikan tandon air untuk cuci tangan di sejumlah pasar tradisional serta tempat wisata Medan Zoo (Kebun Binatang). Bobby juga berkolaborasi dengan PMI Kota Medan dalam membagi-bagikan masker untuk pengguna jalan.

Ketua Relawan BONUS, Axel Sudijaya Saragih, menjelaskan dalam bakti sosial ini relawan melakukan penyemprotan desinfektan bukan hanya di GKPS Simalungun. Penyemprotan akan dilakukan berkelanjutan, khususnya di rumah-rumah ibadah di kawasan Sei Agul. Selain itu, juga akan dilakukan fogging di lingkungan sekitarnya.

“Tapi karena Minggu dibukanya kembali gereja setelah tutup selama pandemik, kegiatan kita pusatkan di GKPS Simalungun ini,” bebernya.

Axel juga menyampaikan harapan relawan agar nantinya Bobby bisa membawa Medan bangkit dan jaya kembali. “Kalau dulu Medan itu sangat dilirik oleh nasional dan internasional, kita berharap kejayaan itu bisa kembali lagi,” tuturnya.

Apalagi, imbuh dia, Medan adalah salah satu kota di Indonesia yang paling dekat dengan dunia internasional. Khususnya Asia Tenggara, yakni Singapura dan Malaysia.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Advertisement