Beranda blog

Liverpool Kehilangan Sang Kapten Hingga Akhir Musim

Foto: Twitter

LIVERPOOL, Waspada.co.id – Kabar buruk menimpa juara Liga Premier, Liverpool. Kapten Jordan Henderson dipastikan akan mengakhiri kompetisi lebih cepat akibat mendapatkan cedera lutut.

Kabar cederanya Henderson dikonfirmasi langsung oleh pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Meski akan melewatkan sisa pertandingan, Henderson tetap diberi panggung saat proses pengangkatan trofi Liga Premier nantinya.

“Kami semua sangat terpukul, (cedera) itu adalah hal yang paling mengerikan ketika dia turun ke lapangan. Saya mengatakan ke Hendo, bahwa di Jerman dia seperti binatang yang bertarung dengan siapapun. Jika dia sakit, dia tidak akan memberitahumu,” kata Klopp, Jumat (10/7).

Klopp menambahkan Henderson tidak akan naik ke meja operasi untuk penyembuhan cederanya. Mantan pemain Sunderland ini diprediksi akan kembali tampil di Liga Premier musim depan. Akan tetapi, kans Hendo membela Timnas Inggris di Euro 2020 pun menjadi tanda tanya.

“Hendo tidak perlu operasi. Saya cukup yakin dia akan kembali di musim depan. Hendo layak mengangkat trofi,” imbuhnya.

Henderson mendapatkan cedera lutut saat Liverpool menang atas Brighton & Hove Albion 3-1 di Amex Stadium. Gelandang berusia 30 tahun ini berbenturan dengan Yves Bissouma dan harus ditarik keluar pada menit 80.

Musim ini, Henderson telah tampil dalam 40 pertandingan bersama The Reds di semua kompetisi, termasuk 30 di antaranya di Liga Premier dengan 26 kali menjadi starter. (wol/aa/liverpool/data3)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

Tantangan Berat Madrid Main Tanpa Sergio Ramos

Foto: Twitter

MADRID, Waspada.co.id – Sergio Ramos dipastikan hanya menjadi penonton saat Real Madrid menjamu Deportivo Alaves dalam lanjutan La Liga di Estadio Alfredo di Stefano, Sabtu (11/7). Madrid pun dihadapkan ujian berat.

Madrid memang masih berada di puncak klasemen dengan 77 poin, sedangkan Alaves di posisi 17 dengan 35 angka. Tiga poin menjadi kewajiban bagi tim asuhan Zinedine Zidane agar kembali menjauhkan jarak dari Barcelona.

Dikatakan sebagai ujian berat karena Ramos yang terkena hukuman skorsing kartu dan dilarang main satu pertandingan merupakan penyelamat alias penentu kemenangan Los Blancos dalam beberapa laga terakhir.

Sejak kompetisi bergulir kembali, bek Timnas Spanyol tersebut mampu mencetak lima gol dalam tujuh pertandingan. Andai Madrid mendapat hadiah penalti, menarik melihat eksekutor yang bakal ditunjuk Zidane. Pasalnya, Ramos selalu menjadi penendang dan tak pernah gagal dalam 20 tendangan penalti terakhir.

Kabar baiknya, El Real bakal kembali diperkuat oleh Eden Hazard. Cedera fibula yang diderita kapten Timnas Belgia itu sempat kumat sehingga harus diistirahatkan di dua laga terakhir. Di posisi Ramos, Zidane akan menurunkan duet Eder Militao dan Raphael Varane. (wol/aa/marca/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

PP Kota Medan Dukung Kinerja Kodim 0201/BS

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Medan, M Rahmadian Shah SH, bersilahturahim dengan Komandan Kodim 0201/BS, Letkol Agus Setiandar, di Markas Komando Kodim 0201/BS.

Rahmadian Shah mengatakan, kehadirannya bersama rombongan sebagai bentuk silahturahmi untuk mendukung program kerja Kodim 0201/BS. “Kita mendukung program Kodim, demi kemajuan negara khususnya Kota Medan,” katanya, Jumat (10/7).

Kemudian, Rahmaddian menyebutkan PP Kota Medan juga siap mendukung Kodim untuk menciptakan Kamtibmas yang baik di Kota Medan. “Apalagi mendukung untuk menciptakan Kamtibmas,” terangnya.

Sementara itu, Dandim 0201/BS, Letkol Agus Setiandar, sangat menyambut baik kedatangan PP Kota Medan.

Menurutnya, PP dibentuk punya tujuan yang baik. “Niat PP dibentuk itu sudah pasti ada tujuan yang baik dan untuk mengkoordinir para pemuda Bangsa Indonesia,” tuturnya.

Untuk itu, Agus mengajak PP Kota Medan selalu berkoordinasi dalam mengahadapi even-even besar yang akan digelar. Terutama dalam mengahadapi hari-hari besar, kita perlu kerja sama dan koordinasi untuk menciptakan keamanan di Kota Medan.

“Biasanya, organisasi kepemudaan selalu ikut merayakan even-even besar tersebut. Mari sama-sama kita mendukung pergelaran-pergelaran agar aman dan sukses,” pungkasnya.

Kehadiran Ketua MPC PP Kota Medan beserta rombongan pengurus Seketaris Kamaludin Tanjung, Bendahara Jamses, Ketua OKK Barino Shah, Wakil Ketua Bahari Johan dan Ketua BPPH Irwansyah sangat disambut baik dengan Dandim 0201/BS dan pejabat utama Kodim. (wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Advertisement

Pegawai Lapas Tanjunggusta Tes Urine, BNN dan Polisi Jadi Saksi

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IA Tanjunggusta Medan, mendadak melakukan tes urine terhadap seluruh pegawai.

Para pegawai terdiri dari jajaran petugas pengamanan, pelayanan tahanan, administrasi, keuangan, pengolahan bahan sitaan, rehabilitasi, dan beberapa staf serta jajaran lainnya.

Kepala Lapas Kelas I A Tanjunggusta Medan, Frans Elias Nico, menjelaskan pengecekan secara mendadak ini merupakan program dari Kakanwil Kemenkumham Sumut, guna memberantas penyalah gunaan narkotika di lingkungan Lapas.

“Iya, ini dilakukan secara mendadak, kalau tidak mendadak ini bisa semuanya siap-siap,” katanya, Jumat (10/7).

Dirinya juga menerangkan, bahwa seluruh pegawai yang bekerja wajib mengikuti dan mengecek urine.

“Ada 200 pegawai yang ikut mengecekkan urinenya, dan seluruhnya wajib dilakukan,” ujar Kalapas Tanjunggusta itu.

Pada pengetesan urine ini, pihak Lapas Tanjunggusta Medan turut bekerjasama dengan pihak kepolisian dan BNN Kota Medan agar menyaksikan pengetesan urine.

“Pihak kepolisian dan BNN kita undang untuk menjadi saksi, sekaligus menyaksikan rekan kita yang di tes urinenya,” katanya.

Dari hasil tes urine yang dilakukan, Kalapas itu menyebutkan bahwa asa yang reaktif, namun bukan karena narkotika.

“Untuk yang reaktif ada, tapi setelah kita telusuri karena pegawai tersebut mengonsumsi obat,” jelasnya.

Saat dinyata apakah nantinya pihak lapas akan melakukan hal serupa secara berkala, Nico mengaku hal serupa memang sudah dilakukan kantor wilayah secara rutin, namun tidak tau berapa bulan sekali.

“Karena ini program dari Kakanwil, jadi kita gak tau ini berapa bulan sekali, tapi biasanya memang rutin,” pungkasnya.

Di lain tempat, Kakanwil Kemenkumham, Sutrisno, menyatakan bahwa program ini dilakukan guna tertibnya wilayah hukum dari penyalahgunaan narkotika.

“Ya, dalam rangka meningkatkan pencegahan terhadap pemakaian narkoba yang dilakukan oleh pegawai kementerian hukum dan ham,” Sutrisno membenarkan.

Dikatakan, diperintahkannya program ini, agar seluruh pegawai bebas dari penyalahgunaan narkotika.

“Hal ini dimaksudkan dalam rangka memerangi dan memberantas narkoba di jajaran Kumham wilayah Sumatera Utara ini,” pungkasnya.(wol/ryan/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Advertisement

Terungkap! Ini Motif Maria Pauline Lumowa Bobol Bank BNI Rp1,7 Triliun

agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Menkumham Yasonna Laoly mengatakan, tersangka pembobolan Bank BNI senilai Rp 1,7 Triliun, Maria Pauline Lumowa, dibawa Bareskrim Mabes Polri untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Yasonna mengatakan, penyidik akan menelusuri harta Maria Pauline Lumowa terkait pembobolan kas bank BNI cabang Kebayoran Baru lewat Letter of Credit (L/C) fiktif.

Sebelumnya, pada periode Oktober 2002 hingga Juli 2003, Bank BNI mengucurkan pinjaman senilai 136 juta dolar AS dan 56 juta Euro atau sama dengan Rp 1,7 Triliun dengan kurs saat itu kepada PT Gramarindo Group yang dimiliki Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu.

“Motifnya mau memperkaya diri sendiri, itu sudah pasti,” tegas Yasonna di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (9/7/2020).

Politikus PDIP itu melanjutkan, penyidik juga akan melakukan pemblokiran terhadap aset-aset milik. Maria Pauline Lumowa baik yang di dalam negeri maupun luar negeri.

“Kita akan freeze dan blokir akunnya. Kita upayakan setelah ada proses hukum di Bareskrim, baru kita bergerak,” tutup Yasonna.

Sekadar diketahui, Maria Pauline Lumowa merupakan salah satu tersangka pelaku pembobolan kas bank BNI cabang Kebayoran Baru lewat Letter of Credit (L/C) fiktif. Pada periode Oktober 2002 hingga Juli 2003, Bank BNI mengucurkan pinjaman senilai 136 juta dolar AS dan 56 juta Euro atau sama dengan Rp 1,7 Triliun dengan kurs saat itu kepada PT Gramarindo Group yang dimiliki Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu.

Aksi PT Gramarindo Group diduga mendapat bantuan dari ‘orang dalam’ karena BNI tetap menyetujui jaminan L/C dari Dubai Bank Kenya Ltd., Rosbank Switzerland, Middle East Bank Kenya Ltd., dan The Wall Street Banking Corp yang bukan merupakan bank korespondensi Bank BNI.

Pada Juni 2003, pihak BNI yang curiga dengan transaksi keuangan PT Gramarindo Group mulai melakukan penyelidikan dan mendapati perusahaan tersebut tak pernah melakukan ekspor.
Dugaan L/C fiktif ini kemudian dilaporkan ke Mabes Polri, namun Maria Pauline Lumowa sudah lebih dahulu terbang ke Singapura pada September 2003 alias sebulan sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh tim khusus yang dibentuk Mabes Polri. Perempuan kelahiran Paleloan, Sulawesi Utara, pada 27 Juli 1958 tersebut belakangan diketahui keberadaannya di Belanda pada 2009 dan sering bolak-balik ke Singapura.

Pemerintah Indonesia sempat dua kali mengajukan proses ekstradisi ke Pemerintah Kerajaan Belanda, yakni pada 2010 dan 2014, karena Maria Pauline Lumowa ternyata sudah menjadi warga negara Belanda sejak 1979.

Namun, kedua permintaan itu direspons dengan penolakan oleh Pemerintah Kerajaan Belanda yang malah memberikan opsi agar Maria Pauline Lumowa disidangkan di Belanda.

Upaya penegakan hukum lantas memasuki babak baru saat Maria Pauline Lumowa ditangkap oleh NCB Interpol Serbia di Bandara Internasional Nikola Tesla, Serbia, pada 16 Juli 2019.

Advertisement

Polsek Sunggal Bekuk 2 Pemilik 3 Kg Sabu

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Polsek Medan Sunggal berhasil memutus mata rantai peredaran narkoba jenis sabu jaringan internasional di Jalan Ringroad, Kecamatan Medan Selayang.

Dalam kasus ini, polisi menciduk 2 tersangka YMN warga Jalan Selamat Ujung, dan MJ warga Jalan Ismailiyah, Medan Area. Dari tangan ke dua tersangka disita barang bukti 3 bungkus plastik kemasan teh China berisi sabu seberat 3 kg.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko, Jumat (10/7), mengatakan terkuaknya kasus peredaran narkotika ini pada Kamis (9/7) malam sekira pukul 20.30 WIB, tidak terlepas dari pengembangan atas hasil tangkapan sebelumnya yang dilakukan Polrestabes Medan dan Polsek Patumbak.

“Berkat kesigapan personil, ke dua tersangka bersama barang bukti narkoba berhasil diamankan. Lalu, ke dua pemilik barang haram ini diboyong ke Mapolsek Sunggal untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya didampingi Kapolsek Medan Sunggal, Kompol H Yasir Ahmadi, Kanit Reskrim AKP Budi Simanjuntak.

Lebih lanjut, Riko menyampaikan setelah hampir satu setengah bulan menjabat telah dilakukan penindakan terhadap peredaran narkoba hampir 42 kg.

“Ini menandakan Kota Medan merupakan pasar yang besar bagi bandar narkoba. Sehingga kita imbau kepada warga khususnya generasi muda agar jangan menjadi korban peredaran gelap narkoba,” tegasnya.

Diketahui, terhadap kedua tersangka dipersangkakan melanggar Pasal 114 Subs Pasal 112 Subs pasal 132 UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati.(wol/gacok/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Advertisement

Hari Ini, Ada 9 Provinsi Laporkan Nihil Penambahan Kasus Covid-19

Juru bicara pemerintah khusus penanganan virus corona, Achmad Yurianto (foto: Okezone.com)
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengungkapkan bahwa ada sembilan provinsi di Indonesia yang nihil melaporkan kasus baru pasien positif Covid-19 atau virus corona.

“Ada sembilan provinsi kasus nol,” kata Yurianto dalam jumpa pers live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta.

Adapun ke sembilan provinsi yang nihil kasus baru Covid-19 adalah, Aceh, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, Riau, dan Nusa Tenggara Timur.

Sebelumnya, kasus Covid-19 di Indonesia kembali bertambah, Kepastian itu setelah pemerintah kembali mengumumkan penambahan pasien Covid-19 pada Jumat (10/7/2020) hingga pukul 12.00 WIB

Kasus pasien positif terpapar virus corona dilaporkan bertambah 1.611 orang, sehingga total menjadi 72.347 orang.

Sementara pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona, lanjut dia, bertambah 878. Jadi total hingga sore ini pasien sembuh menjadi 33.519 orang.

Kemudian pasien terjangkit virus corona yang meninggal dunia bertambah 52 Jumlahnya menjadi 3.469 orang.

Advertisement

Inilah Hasil Undian 8 Besar Liga Europa

Foto: Twitter

NYON, Waspada.co.id – Setelah Liga Champions, UEFA juga telah merampungkan undian perempatfinal Liga Europa, Jumat (10/7). Manchester United, favorit juara musim ini, terhindar dari lawan-lawan kuat seperti Inter Milan, Sevilla maupun AS Roma.

Nantinya, babak 8 Besar dijadwalkan berlangsung pada 10-11 Agustus mendatang. Diketahui, sebagian besar laga 16 Besar sudah memasuki leg kedua, termasuk MU yang memiliki modal kemenangan 5-0 atas LASK.

Dua pertandingan antara Inter Milan vs Getafe dan Sevilla vs AS Roma belum dimainkan. Inter vs Getafe dan Sevilla vs Roma telah diputuskan hanya digelar sekali di Jerman pada 5-6 Agustus mendatang.

Belum terkalahkan dalam 17 pertandingan di segala kompetisi, MU diperkirakan mudah lolos ke perempatfinal untuk menghadapi pemenang antara Basaksehir vs Copenhagen. Inter Milan/Getafe bakal menantang Rangers atau Bayer Leverkusen, sedangkan Roma/Sevilla ditunggu Wolverhampton Wanderers atau Bayer Leverkusen.

Andai lolos dari perempatfinal, ujian berat menanti Setan Merah. Besar kemungkinan tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer bertemu lawan berat di antaranya Roma, Sevilla, Wolverhampton atau Olympiakos.

Hasil Undian Perempatfinal Liga Europa:

Shakhtar Donetsk/Wolfsburg vs Eintracht Frankfurt/Basel

LASK/Manchester United vs Istanbul Basaksehir/FC Copenhagen

Inter Milan/Getafe vs Rangers/Bayer Leverkusen

AS Roma/Sevilla vs Wolves/Olympiakos

(wol/aa/uefa/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

Undian 8 Besar Liga Champions: Potensi Madrid vs Juventus dan CR7 vs Messi

Foto: twitter

NYON, Waspada.co.id – Tertunda selama tiga bulan, Liga Champions akan segera dilanjutkan kembali. Sebelum pandemi Covid-19, Liga Champions sudah memasuki leg kedua 16 Besar. Empat tim sudah lolos, yaitu RB Leipzig, Atletico Madrid, Atalanta, dan PSG.

Delapan tim lain masih harus melakoni leg kedua, yaitu Real Madrid vs Manchester City, Olympique vs Juventus, Napoli vs Barcelona, dan Chelsea vs Bayern Munich. Undian perempatfinal ini digelar di markas UEFA, Nyon, Swiss.

Undian ini dipandu oleh Sekjen UEFA Giorgio Marchetti dan Paulo Sosa, juara Liga Champions bersama Juventus dan Borussia Dortmund. Seperti prediksi, ada beberapa laga semifinal yang berpotensi menghadirkan big match.

Di perempatfinal pertama, pemenang Real Madrid vs Manchester City akan bertemu dengan Lyon atau Juventus. Selanjutnya, pemenang Napoli vs Barcelona menghadapi Chelsea atau Bayern Munich.

Menariknya lagi, duel El Clasico pun potensi terjadi di semifinal dengan catatan Madrid dan Barcelona mengalahkan lawan masing-masing. Harapan publik melihat pertarungan Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi juga bisa terwujud andai Juventus dan Barcelona lolos.

Khusus tahun ini, perempatfinal hingga final akan digelar dengan format single leg di Lisbon, Portugal. Laga 8 Besar dimainkan 12-15 Agustus, semifinal 18 dan 19 Agustus, sedangkan partai puncak digelar pada 23 Agustus mendatang di Estádio do Sport Lisboa e Benfica.

Hasil Undian Perempatfinal Liga Champions:

Real Madrid/Manchester City vs Olympique Lyon/Juventus

RB Leipzig vs Atletico Madrid

Napoli/Barcelona vs Chelsea/Bayern Munich

Atalanta vs PSG

(wol/aa/uefa/data3)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

Pemko Banda Aceh Desinfeksi 120 Rumah Ibadah

Istimewa

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Pemerintah Kota Banda Aceh kembali melakukan desinfeksi dengan penyemprotan cairan disinfektan di rumah ibadah. Kali ini ada 120 rumah ibadah yang disasar. Bukan hanya masjid, tapi juga rumah ibadah warga non muslim: gereja, vihara, dan kuil yang ada di Banda Aceh.

Salah satu program protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tersebut diluncurkan oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Jumat 10 Juli 2020, di Masjid Baitul Musyahadah (Kupiah Meukutop), Gampong Geuceu Kayee Jato, Kecamatan Banda Raya.

Pada seremoni yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Zainal Arifin, Kapolresta Trisno Riyanto dan unsur Forkopimda lainnya serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) itu, Aminullah turut menyerahkan bantuan paket pencegahan Covid-19 yang terdiri dari thermogun, hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan masker kain bagi para pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) se-Banda Aceh.

Kata Aminullah, kegiatan desinfeksi merupakan komitmen Pemko Banda Aceh untuk memastikan warganya terhindar dari virus Corona yang belum ditemukan vaksinnya hingga kini. “Ini salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Apalagi pada akhir Juni lalu kasus positif Corona sempat meningkat tajam di Banda Aceh dan Aceh pada umumnya.”

Penyebabnya menurut wali kota karena penerapan protokol kesehatan yang longgar pada suasana lebaran dan ‘euforia’ new normal. “Namun sekarang kasus Corona di Banda Aceh sudah mereda seiring dengan pengetatan protokol kesehatan. Tinggal empat pasien lagi yang dirawat dari 23 sebelumnya. Kemudian ODP ada 16 orang dan ODP tersisa puluhan orang,” katanya.

Meski pun grafiknya kini cenderung menurun, ia mengimbau masyarakat tetap waspada karena pandemi Covid-19 belum berakhir. “Semua kita wajib waspada. New normal yang dicanangkan pemerintah pusat juga mengharuskan kita menjaga bersama protokol kesehatan: pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak. Biasakan mulai dari rumah, di tempat ibadah, pasar, kantor, dan tempat-tempat keramaian lainnya,” ujar Aminullah.

Khusus kepada pengurus BKM, ia meminta agar setiap jumat -pagi hari dan setelah pelaksanaan Salat Jumat- masjid disemprot disinfektan agar tetap steril dari virus Corona. “Kemudian komitmen memakai masker bagi para jemaah. Ini penting karena masker bisa menurunkan risiko penularan Covid-19 hingga 1,5 persen. Dan yang tak kalah penting, anjuran melakukan doa tolak bala agar kita dijauhkan dari virus ini,” ujarnya lagi.

Sebagai program lanjutan, selain desinfeksi Pemko Banda Aceh juga akan mengintensifkan rapid test bagi pendatang. “Untuk setiap keuchik juga sudah kita instruksikan untuk mewajibkan rapid test bagi setiap pendatang yang masuk. Berkaca pada momen lebaran lalu, kita harus mengawal agar tidak ada lagi carrier Corona yang masuk ke kota kita,” ucapnya. (bandaacehkota/ags/data3)

Advertisement