Beranda blog

4 Provinsi Nihil Penambahan Kasus Positif Covid-19 pada 9 Juli

Foto: Ilustrasi. (AFP)
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Pemerintah kembali mengumumkan jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia pada hari ini, Kamis 9 Juli 2020 bertambah sebanyak 2.657 kasus. Maka, kumulasi kasus positif sebanyak 70.736 kasus.

Namun, dari sebaran kasus Covid-19 di 34 provinsi, pada hari ini ada 4 provinsi yang tidak melaporkan adanya penambahan kasus. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, berikut data provinsi tersebut:

1. Bangka Belitung

2. Sulawesi Tengah

3. Nusa Tenggara Timur

4. Gorontalo

Selain terjadinya penambahan kasus positif yang menembus 70.736 kasus. Pada hari ini, angka pasien sembuh Covid-19 juga bertambah sebanyak 1.066 kasus, dengan total kumulasinya 32.651 kasus. Sementara yang meninggal dunia bertambah 58 kasus dan yang meninggal 3.417 kasus.

Pemerintah terus mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Sebab, hal tersebut menjadi kunci dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Gunakan masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan menggunakan sabun, untuk kita yang kerja di ruang tetap, pastikan ruang ventilasi kita terganti udaranya,” ujarnya Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Advertisement

Pemasu “Dobrak” Kantor Kejatisu Terkait Dugaan Korupsi Jabatan

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Persatuan Mahasiswa Sumatera Utara (PEMASU) demo kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) untuk mengawal kasus korupsi yang terjadi di Sumatera Utara, Kamis (9/7).

Kordinator aksi Iman Harahap dalam orasinya, menyampaikan adanya dugaan suap oleh Plt Kepala Depag Kabupaten Mandailing Natal (zainal arifin) ke mantan kanwil Kemenag Aumut (zulhami).

“Kami meminta kejaksaan tinggi Sumatera Utara agar segera mengembangkan kasus dugan suap jual beli jabatan yang saat ini sedang ditangani Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara,” koarnya dalam aksi.

Selain itu, Iman juga mengatakan PEMA Sumut sudah mengantongi sebuah data surat pernyataan Zainal dan bukti transparan senilai Rp750 juta ke saudari Kholida Lubis Kepala Sekolah MAN 3 Medan.

“Kami sudah mengantongi data serta bukti transferan uang sejumlah Rp750.000.000,- ke saudari Kholida Lubis Kepala Sekolah MAN 3 Medan dan kami berharap agar Kejatisu menangkap Kholida yang diduga sebagai perantara suap jabatan tersebut,” ungkapnya.

Selain itu PEMA Sumut mendesak kejaksaan agar menjalankan surat panggilan (SP) kepada yang terlibat dan aksi tersebut ditanggapi oleh Kasi Penkum, Sumanggar Siagian

“Kita akan berkordinasi dengan pimpinan dan akan menyampaikan tuntutan rekan-rekan dari PEMA Sumut,” tukas Sumanggar.(wol/ryan/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Advertisement

Update Covid-19 Sumut 9 Juli: Positif 2.085 Orang

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wilayah Sumatera Utara, merilis data penyebaran virus corona, Kamis (9/7).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Mayor Kes dr Whiko Irwan, mengatakan jumlah pasien sembuh ada 514 orang.

Sedangkan, untuk pasien positif terpapar Covid-19 melalui metode Polymerase Chain Reaction (PCR) bertambah drastis. Hari ini, pasien positif menjadi 2.085 orang.

“Lalu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 252 orang, sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 1.690
orang dan pasien meninggal berstatus positif menjadi 115 orang,” pungkasnya. (wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Advertisement

Kasus Positif Corona Pecah Rekor, Jabar Jadi Penyumbang Terbanyak dengan 962

Juru bicara pemerintah penanganan Covid-19, Achmad Yurianto (foto: Okezone.com)
agregasi

JAKARTA – Kasus baru positif virus corona (Covid-19) bertambah 2.657 pada Kamis (9/7/2020) sehingga total menjadi 70.736.

“Kasus positif kita dapatkan penambahan kasus baru berdasarkan konfirm PCR Covid-19 bertambah 2.657 dan total jumlah positif menjadi 70.736,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Dr Achmad Yurianto dalam konferensi pers live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta.

Penambahan kasus positif itu tersebar di sejumlah provinsi. Jawa Barat menjadi provinsi dengan kasus positif corona terbanyak hari ini dengan 962 kasus. Dengan penambahan ini, total kasus positif corona di Jabar capai 4.843.

Jawa Timur berada di posisi berikutnya dengan 517 kasus. Total kasus positif corona di Jatim mencapai 15.484.

DKI Jakarta jadi provinsi ketiga penyumbang corona terbesar hari ini dengan 284 kasus. Dengan penambahan itu, hingga saat ini kasus positif virus corona di Ibu Kota mencapai 13.488.

Yuri mengatakan, sebanyak 457 kabupaten/kota di 34 provinsi telah terdampak corona.

Pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain dan memakai masker.

Advertisement

Gaji Pemain PSMS Hingga Agustus Masih 25 Persen

WOL Photo/Ega Ibra

MEDAN, Waspada.co.id – Sekum PSMS Medan Julius Raja, menjelaskan bila Manajemen PSMS akan memberlakukan penggajian pemain, pelatih, dan official tim sebesar 25 persen pada Juli dan Agustus.

“Sistem penggajian ini sesuai surat keputusan dari PSSI, yang menyebutkan klub masih boleh bayar gaji pemain 25 persen saja selama kompetisi dihentikan. Hal ini karena kami tetap mengacu pada pembayaran PSSI yang 25 persen. Tapi rencananya Manajemen PSMS akan memberikan tambahan uang transportasi buat pemain yang hadir ini,” jelasnya, Kamis (9/7/).

Dijelaskan, Manajemen PSMS juga memberi perhatian bagi pemain yang dari luar Medan. “Pemain yang dari luar Medan yang sudah ikut gabung latihan, tetap ditanggung komsumsinya selama di Mess PSMS Kebun Bunga,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa Surat Keputusan (SK) baru PSSI nomor 53/VI/2020 ini menjelaskan tentang gaji atau negosiasi ulang kontrak untuk bulan September dan seterusnya. Sebab di SK baru itu menerapkan negosiasi ulang kontrak baru bisa dimulai satu bulan sebelum kompetisi musim ini digelar kembali. (wol/at/data3)

Editor: Agus Utama

Advertisement

Kapoldasu dan Pangdam I/BB Panen Raya 17 Ton Ikan

WOL Photo

SERGAI, Waspada.co.id – Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, melaksanakan panen raya 17 ikan di Kolam Primkopol Polres Serdangbedagai, di Dusun III, Pasar Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdangbagai, Kamis (9/7).

Turut hadir dalam kegiatan panen raya ini, Bupati Serdangbedagai Soekirman, Kapolres Serdangbedagai AKBP Robin Simatupang, serta para pejabat Polri, TNI, dan lainnya.

Pantauan di lapangan, terlihat Kapolda Sumut, Pangdam I/BB, serta Bupati Serdangbedagai sangat antusias menangkap langsung ikan patin yang telah siap dipanen dengan berat total mencapai 17 ton.

Dalam keterangannya, Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, mengungkapkan panen raya yang dilaksanakan menindaklanjuti instruksi Presiden, Joko Widodo, dalam menghadapi Covid-19.

“Program ketahanan pangan yang dilaksanakan disesuaikan dengan kultur masyarakat mengingat di Serdangbedagai pekerjaan masyarakatnya sebagai nelayan. Selain itu, bertujuan mengantisipasi masalah sosial ekonomi,” ungkapnya.

Dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19, Martuani menyebutkan Polda Sumut telah mendirikan beberapa kampung tangguh di Kabupaten Karo, Deliserdang, Batubara, Samosir, dan Serdangbedagai.

“Pembentukan kampung tangguh ini mendorong masyarakat untuk tangguh dalam menghadapi Covid-19,” sebutnya.

Sementara, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, berharap ke depan kegiatan panen raya harus ditingkatan dalam meningkatkan gizi masyarakat.

“TNI dan Polri selalu bersinergi dalam program ketahanan pangan membantu masyarakat dalam situasi sulit di tengah pandemi Covid-19,” harapnya.

Diketahui, panen raya dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang dalam rangka menciptakan masyarakat produktif mewujudkan ketahangan pangan dalam menghadapi Covid-19.

Adapun hasil panen raya di Kolam Primkopol Polres Serdangbedagai mencapai ratusan ton. Terdiri dari 19 kolam dengan masing-masing di setiap kolam hasil panennya mencapai 35 ton, 30 ton, dan 25 ton, per enam bulan. (wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Advertisement

Polsek Patumbak Tembak Perampok Nyaru Calo Penumpang

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Reskrim Polsek Patumbak menembak perampok yang menyaru sebagai calo penumpang di seputar Terminal Terpadu Amplas.

Diketahui, tersangka yang ditembak bernama Marko Harianja alias Ego (30), warga Jalan Garu III, Gang Melati, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Medan Amplas.

Kanit Reskrim Polsek Patumbak, Iptu Philip Purba, mengatakan tindakan tegas dan terukur (tembak, red) terhadap tersangka dilakukan atas laporan korban Josua Simbolon (29), warga Labuhan Batu Utara, tertuang dalam
LP/392/VI/2020/SU/Restabes Medan /sek Patumbak, tanggal 22 Juni 2020.

Lebih lanjut, pada Senin (22/6), korban hendak pulang ke kampung halamannya dan menunggu bus di halte Amplas di bawah Fly Over.

“Saat menunggu, datang dua tersangka menghampiri korban. Tersangka Marko mengeluarkan pisau dan menempelkannya di perut korban. Sementara rekan tersangka Eko (telah ditangkap-red) mencekik dan memukul wajah korban serta mengambil paksa barang-barangnya,” katanya, Kamis (9/7).

Atas peristiwa ini, Philip mengungkapkan korban kemudian melapor ke Mapolsek Patumbak. Dari laporan itu, petugas melakukan penyelidikan hingga mengendus keberadaan tersangka di Jalan SM Raja, tepatnya di depan loket bus Sandra Prima.

“Kami berhasil mengetahui keberadaan tersangka Marko. Tetapi, dia berusaha melawan dan melarikan diri sehingga dilakukan tembakan 3 kali ke arah atas, dan tidak diindahkan. Kemudian dilakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki tersangka,” ungkapnya.

Philip menambahkan, dari tangan tersangka diamankan barang bukti berupa satu unit HP merek Oppo A7 warna hitam, sebuah obeng runcing dan sebilah pisau dari Kuningan.

“Tersangka disangkakan melanggar pasal 365 ayat (1) ayat (2) ke 2e KUHPidana dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun,” pungkasnya.(wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Advertisement

Liverpool Cemas Menanti Kondisi Sang Kapten

foto: twitter

LIVERPOOL, Waspada.co.id – Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku khawatir dengan cederanya Jordan Henderson. Pasalnya, sang kapten mengalami cedera saat menghadapi Brighton & Hove Albion, Kamis (9/7).

Meski sebenarnya The Reds sebagai berstatus juara Liga Premier dan tenaganya tidak perlu dipaksakan, Liverpool masih berharap Henderson bisa tampil di sisa-sisa musim ini. Sebelum cedera, Hendo sempat menyumbang satu gol. Dua gol kemenangan The Reds lainnya diborong Mohamed Salah.

Sayangnya, kemenangan ini harus dibayar mahal dengan cederanya Henderson. Gelandang berusia 30 tahun itu ditarik di menit 80 lantaran hantaman keras di lututnya. Praktis, cedera tersebut membuat Klopp khawatir.

“Saya tidak tahu (seberapa serius cederanya). Jujur, saya tidak tahu,” aku Klopp.

“Saya tidak melihat situasinya di lapangan, namun tahu bahwa itu cukup parah, mungkin. Seperti itulah, tapi kami harus menunggu. Saya tidak bisa mengatakan apa-apa lagi,” lanjutnya.

Musim ini, Sadio Mane cs masih memiliki empat pertandingan lagi. Setelah menjamu Burnley di Anfield pada Sabtu (11/7) lusa, The Reds akan melawan Arsenal (16/7), Chelsea (23/7), dan Newcastle United (26/7). (wol/aa/goal/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Advertisement

Disebut Sebagai Aktris Termahal, Agnez Mo Buka Suara

Foto: Instagram Agnez Mo

Waspada.co.id – Nama Agnez Mo sudah tidak asing di idustri musik Indonesia. Tidak hanya terkenal sebagai seorang penyanyi, Agnez juga melebarkan sayapnya ke dunia seni peran, juga pembawa acara.

Faktanya wanita bernama asli Agnes Monica Muljonto ini sudah terjun ke dunia hiburan sejak masih kanak-kanak. Agnez meluncurkan album pertamannya bertajuk Si Meing saat berusia enam tahun. Sinetron berjudul Pernikahan Dini juga merupakan salah satu yang pernah dibintangi Agnez Mo.

Kini ia menjadi salah satu artis sukses di Tanah Air, wanita 34 tahun ini juga dikenal hingga mancanegara. Agnez telah berkolaborasi dengan banyak musisi dunia seperti Timbaland, Chris Brown, Steve Aoki, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan jam terbang luar biasa, dan berkarier di kancah Internasional tak heran jika penyanyi kelahiran Jakarta itu disebut-disebut sebagai artis Indonesia dengan bayaran termahal. Saat menjadi bintang tamu dalam acara Tukul Arwana One Man Show, Agnez Mo akhirnya menanggapi rumor tersebut.

“Di pemberitaan Mbak Agnez Mo disebut sebagai artis dengan bayaran termahal di Indonesia, benar enggak, sih, Mbak?” kata Tukul sebagai pembawa acara, Rabu (8/7) malam.

Mendengar pertanyaan tersebut, Agnez Mo hanya tertawa. Ia tidak membenarkan ataupun menyanggah kabar tersebut. Namun, aktris tanah air itu menjelaskan, bahwa prestasi lah yang terpenting.

“Mau tahu aja. Yang penting prestasinya. Maksudnya gini, kalau kita beli barang mahal mau dapat kualitas barangnya juga bagus. Makanya aku sama keluarga dan manajemen, kita pentingin prestasinya dulu,” kata Agnez dalam acara tersebut.

Pelantun lagu Matahariku ini mengungkapkan, apabila suatu barang atau produk memiliki kualitas yang bagus, orang-orang pasti bersedia mengeluarkan uang lebih untuk membelinya.

“Kalau barangnya biasa-biasa aja atau semua orang bisa kayak gitu, harga kan, juga istilahnya enggak menipu. Yang penting kan, prestasinya,” ucap Agnez.

Diketahui, aktris kelahiran 1 Juni 1986 ini sudah beberapa tahun menetap di Amerika Serikat. Ia meniti karier internasionalnya dengan bergabung di label 300 Entertainment. (viva/ondang/data2)

Advertisement

Update Corona Indonesia 9 Juli: Angka Positif Lampaui 70 Ribu

foto: Antara
agregasi

JAKARTA – Jumlah pasien positif Covid-19 atau virus corona di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan data terbaru hingga hari ini, Kamis 9 Juli 2020, pasien positif bertambah 2.657. Sehingga, total pasien positif corona menjadi 70.736.

“Kasus positif kita dapatkan penambahan kasus baru berdasarkan konfirm PCR Covid-19 bertambah 2.657 dan total jumlah positif menjadi 70.736,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Dr. Achmad Yurianto dalam konferensi pers live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta.

Sementara pasien yang dinyatakan sembuh menjadi 32.651 orang, setelah mengalami penambahan sebanyak 1.066 orang. Untuk pasien yang meninggal dunia juga bertambah sebanyak 58 orang, sehingga totalnya menjadi 3.417 orang.

Saat ini, Pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk menekan penyebaran kasus Covid-19, dengan tetap berada di rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain dan memakai masker.

Pemerintah juga menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan Penanganan Covid-19. Kini PSBB diterapkan di sejumlah zona merah covid-19 guna memutus mata rantai persebaran virus corona.

Advertisement