JAKARTA, Waspada.co.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1446 H, antara 28 Maret – 6 April 2025.
Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar 5% dibandingkan periode Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, dan 21% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menuturkan bersyukur dapat memberikan kualitas layanan yang optimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. Persiapan telah kami lakukan sejak jauh-jauh hari, mencakup seluruh aspek jaringan serta langkah-langkah antisipatif yang diperlukan.
“Seluruh tim jaringan, baik di pusat maupun yang bertugas di lapangan, juga siaga penuh selama periode krusial untuk memastikan layanan tetap berjalan lancar tanpa gangguan. Seperti yang kami perkirakan sebelumnya, terjadi lonjakan trafik data yang cukup tinggi selama periode liburan, terutama untuk akses layanan streaming video melalui media sosial. Hal ini mencerminkan tingginya semangat masyarakat dalam berbagi momen kebahagiaan Lebaran. Selain itu, pergerakan masyarakat yang begitu dinamis dari satu daerah ke daerah lainnya juga terekam melalui data kami. Secara keseluruhan, trafik data tercatat meningkat lebih dari 21% dibanding hari biasa,”tuturnya, Rabu (16/4).
Pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang meningkat sebesar 17%, disusul File access yang meningkat 16%, kemudian web browsing juga meningkat 12% serta game meningkat 46%.
“Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 46%, YouTube naik 9%, TikTok 18%, dan Netflix naik 10%. Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 14%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 26%, trafik X meningkat 23% dan Meta (Facebook) 4%,”ucapnya.
Sementara itu web browsing naik 12% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 19%. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 19% dibanding hari normal.
“Secara nasional, Bandara dan Pelabuhan yang mengalami kenaikan sangat signifikan adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta sebesar 167% dan Pelabuhan Dermaga Merak sebesar 156%,”katanya.
Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan ratusan mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.
“Saat ini XL Axiata melayani lebih dari 58,8 juta. Jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 165 ribu BTS, termasuk 111 ribu BTS 4G. Jaringan tulang punggung (backbone) ada sepanjang lebih dari 190 ribu km, yang menjangkau sebagian besar provinsi. Untuk layanan fixed mobile convergence (FMC) menjangkau 127 kota/kabupaten dan akan terus bertambah luas. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data,”ucapnya.
Kenaikan Trafik di Sumatera
Di Sumatera, sepanjang liburan Lebaran ini, trafik data meningkat sekitar 19% dibandingkan trafik di hari normal. Hal itu terlihat dari kenaikan trafik yang terjadi di sejumlah wilayah yang selama ini menjadi tujuan rutin perjalanan masyarakat saat libur Lebaran. Khusus Danau Toba yang merupakan Destinasi Wisata Super Prioritas, terjadi kenaikan trafik sebesar 24%.
Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan kenaikan trafik secara rata-rata di Sumatera ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran. Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan.”
Kenaikan trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Sumatera selama periode Lebaran 2025 terjadi di:
1. Kota/Kab. Lampung Tengah, Provinsi Lampung, naik sebesar 35%
2. Kota/Kab. Lampung Timur, Provinsi Lampung, naik sebesar 35%
3. Kota/Kab. Agam, Provinsi Sumatera Barat, naik sebesar 34%
4. Kota/Kab. Lampung Selatan, Provinsi Lampung, naik sebesar 33%
5. Kota/Kab. Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, naik sebesar 32%
6. Kota/Kab. Langkat, Provinsi Sumatera Utara, naik sebesar 31%
7. Kota/Kab. Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, naik sebesar 29%
8. Kota/Kab. Lampung Utara, Provinsi Lampung, naik sebesar 29%
9. Kota/Kab. Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, naik sebesar 25%
10. Kota/Kab. Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara,naik sebesar 20%
“Sejumlah lokasi tujuan wisata popular di Sumatera juga mengalami kenaikan trafik antara 23% hingga 34% seiring dengan bertambah ramainya pengunjung di sepanjang libur Lebaran. Demikian pula di sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut di sejumlah provinsi, juga mengalami kenaikan antara 17% hingga 21 %. Kenaikan trafik juga terjadi sepanjang Tol Trans Sumatera yang telah menjangkau sejumlah kota, yaitu secara rata-rata mengalami kenaikan trafik hingga 22 %,”jelasnya.
“Hingga akhir tahun 2024, guna melayani total lebih dari 13.8 juta pelanggan di seluruh Sumatera, jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 39.000 BTS, dengan mayoritas BTS 4G, yang telah menjangkau sekitar 15.350 desa/kelurahan, 149 kota/kabupaten di 10 provinsi. Sementara itu, jaringan fixed mobile convergence (FMC) di wilayah Sumatra juga telah menjangkau 15 kota/kabupaten dan akan terus meluas,”tandasnya.(wol/eko/d1)
Discussion about this post