MEDAN, Waspada.co.id – BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Cabang Medan Utara bersama dengan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) Medan, Kantor Cabang Medan Utara, melakukan webinar kegiatan pembinaan dan monitoring dan evaluasi terkait penanganan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PAK).
Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Raden Harry Agung Cahya menuturkan bahwa pembinaan PLKK ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan yang telah diberikan oleh masing-masing PLKK pada peserta BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan administrasinya.
“Kegiatan ini diikuti oleh pimpinan atau perwakilan rumah sakit dan klinik, baik dokter maupun PIC rumah sakit yang telah menjadi mitra kerja sama (PLKK) BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Medan Utara,” Rabu (31/5).
Selain pembinaan terhadap adminitrasi dari pelaporan klaim kecelakaan kerja, kegiatan ini juga untuk mengevaluasi terhadap pelaksanaan program perawatan dan pasca-perawatan pada peserta yang mengalami kecelakaan kerja.
“Pentingnya layanan prima PLKK dalam penanganan kasus kecelakaan kerja bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Tujuannya adalah untuk memudahkan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja untuk mendapatkan pelayanan maksimal atas musibah yang dialaminya,” katanya.
Kegiatan ini juga skaligus mensosialisasikan aplikasi terkait pelayanan kecelakaan kerja yaitu e-PLKK sistem yang dibuat untuk mempermudah peserta dan juga mitra kerja sama PLKK.
Harry juga berharap seluruh Provider JKK untuk dapat meningkatkan penggunaan utilisasi PLKK melalui situs https://tc.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs. Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja dapat melakukan pelaporan melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) atau link web https://tc.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs.
“Dapat kita ambil contoh inovasi dari salah satu PLKK yang ada di Kota Medan yaitu RSU Mitra Medica Tanjung Mulia yang membuka pojok aplikasi JMO untuk pelayanan kecelakaan kerja bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja,” jelasnya.
Apresiasi yang setinggi tingginya kepada RSU Mitra Medika Tanjung Mulia atas inovasi pelayanan kecelakaan kerja yang dilakukan melalui pojok JMO, harapannya inovasi tersebut juga dapat dijalankan oleh seluruh PLKK lainnya di Kota Medan.
“BPJS Ketenagakerjaan juga berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta,” tutupnya. (wol/eko/d1)
Discussion about this post