MEDAN, Waspada.co.id – Tim PKM FMIPA Unimed melakukan pendampingan guru-guru Sains SMKS TI Swasta Budi Agung di Kecamatan Medan Marelan dalam Pengembangan HOTS Literasi dan Keterampilan 4C Abad 21 Berbasis Case Method.
Dosen Fakultas MIPA Universitas Negeri Medan melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat melaksanakan kegiatan Pelatihan Pendampingan Pengembangan HOTS Literasi dan Keterampilan 4C Abad 21 Berbasis Case Method di Kecamatan Medan Marelan sudah dilaksanakan pada Rabu (3/8) lalu.
Dosen FMIPA Unimed yang melaksanakan kegiatan tersebut diketuai oleh Freddy Tua Musa Panggabean SPd MPd dengan anggota Drs Pasar Maulim Silitonga MS, Dr Marudut Sinaga MSi dan Dr Lisnawaty Simatupang MSi. Kegiatan ini diikuti oleh 11 guru Sains yang meliputi guru mata pelajaran kimia, fisika dan matematika.
Selain itu dilibatkan 14 mahasiswa yang terdiri dari 12 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia yaitu Yani Kartini Situmorang, Desi Natalia Marbun, Feriaman, Arta Elsa Putri Ambarita, Luski Emelia Saragi, Friska Amelia Lumban Tobing, Defi Elfrida, Petrin Suranta Tarigan, Andrew Alex SN Simanjuntak, Alda J Manurung, Maisyaroh Rangkuti, Meilani Azizah dan 2 orang mahasiswa dari Prodi Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer yaitu Muhammad Amin Rais dan Paulus Steven Parlindungan.
Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Tim Pelaksana, Freddy Tua Musa Panggabean SPd MPd. Kemudian, Kepala Sekolah SMKS TI Swasta Budi Agung Medan, Tuti Kusrini SPd meminta guru-guru untuk mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dalam rangka meningkatkan kompetensinya dan mensosialisasikan hasilnya kepada guru-guru lainnya sehingga seluruh guru dapat merasakan manfaat dari kegiatan ini
Freddy Tua Musa Panggabean mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu program Pengabdian Masyarakat yang diamanatkan atau ditugaskan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIMED kepada Tim Pelaksana.
Kegiatan ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap pertama berupa pemaparan materi mengenai HOTS Literasi dan Keterampilan 4C Abad 21 Berbasis Case Method. Pada tahap kedua dilakukan perancangan sistem, pembuatan materi tentang HOTS Literasi dan Keterampilan 4C Abad 21 Berbasis Case Method, dan pembuatan materi tentang strategi /model pembelajaran abad 21 dan Case Method.
Kemudian pada tahap ketiga dilakukan pendampingan pengembangan HOTS Literasi dan Keterampilan 4C Abad 21 Berbasis Case Method dan pendampingan pengembangan tes HOTS Literasi dan Keterampilan 4C Abad 21.
Ketiga tahap tersebut di atas akan diimplementasikan ke dalam bentuk modul pembelajaran berbasis Web Based Learning dan menggunakan media animasi Flash untuk materi praktikum mengenai HOTS Literasi dan Keterampilan 4C Abad 21 Berbasis Case Method.
Guru-guru mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan sangat antusias sejak awal hingga akhir kegiatan.
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam proses belajar mengajar berbasis HOTS Literasi dan Kerampilan 4C Abad 21 dan pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan siswa-siswinya dalam Literasi yang pengukurannya melibatkan permasalahan-permasalah HOTS sebagaimana tersaji atau tertuang pada AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang mengukur kemampuan bernalar tentang teks dan angka (Literasi dan Nurmerasi) yang meliputi keterampilan memilah serta mengolah informasi, berpikir logis sistematis dan bernalar menggunakan pengetahuan. (wol/rls/pel)
Discussion about this post