MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut), Nawal Lubis meminta para pelaku usaha kecil menegah (UKM) untuk mengenal dan memanfaatkan marketplace.
Marketplace sangat berguna dalam memasarkan hasil UKM secara online, serta meningkatkan kualitas desain produk yang lebih menarik sesuai selera pasar.
“Kemasan yang baik dan tampilan foto produk yang akan dipromosikan merupakan upaya mengantisipasi persaingan di pasar global yang semakin ketat,” kata Nawal saat saat membuka pelatihan marketplace di UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Komplek PRSU Jalan Gatot Subroto Km 5, Medan, Selasa (25/1).
Kegiatan dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Usaha Kecil Menegah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Nusantara Sumut bekerja sama ShopeePay dan ShopeeFood.
Nawal menjelaskan, di tengah pandemi Covid-19, UKM sangat berperan untuk pemulihan ekonomi nasional, khususnya Sumut. Apalagi sebagian besar masyarakat berkegiatan melakukan usaha kecil, baik di sektor tradisional maupun modern. Makanya diperlukan program pendidikan, pelatihan, pendampingan dan fasilitasi usaha bagi peningkatan akses pasar.
Dengan menggunakan marketplace untuk memasarkan hasil-hasil UKM adalah salah satu solusi meningkatkan penjualan. Karena di tengah pandemi Covid-19 adanya keterbatasan untuk bertemu dengan pelanggan secara fisik. “Marketplace merupakan salah satu solusi mengalihkan bisnis dari offline ke online, untuk meningkatkan transaksi penjualan,” ujarnya.
Ketua DPW UKM Nusantara Sumut, Binsar M Simatupang mengatakan, pelatihan ini melibatkan 100 pelaku UKM binaan DPW UKM dan IKM Nusantara yang ada di Kota Medan. “Di sini pelaku UKM akan dilatih bagaimana produk UKM itu masuk ke marketplace, di sini ada program ShopeePay yang berbicara bagaimana pembayaran transaksi online, sedangkan ShopeeFood layanan pesan antar makanan,” katanya.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut, Suherman mengaku, siap mendukung dan memfasilitasi asosiasi UKM, salah satunya memperkenalkan marketplace kepada UKM. “Dinas Koperasi mendorong UKM kita untuk bermain di pasar digital, apalagi di tengah pandemi Covid -19 ini, agar produk UKM yang dihasilkan tersampaikan kepada pelanggan,” pungkasnya . (wol/man/data3)
Editor: FACHRIL SYAHPUTRA
Discussion about this post