MEDAN, Waspada.co.id – Guna memudahkan masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Medan Amplas mendapatkan pelayanan cepat dan baik, jajaran Kecamatan Medan Amplas menyediakan layanan melalui aplikasi WhatsApp (WA) Center.
WA Center ini dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan, sekaligus memproleh informasi mengenai penerbitan administrasi kependudukan yang sedang diurus masyarakat.
Camat Medan Amplas, Irfan Asardi Siregar mengatakan, layanan melalui WA Center ini sangat membantu masyarakat Medan Amplas dalam memproleh pelayanan. Sehingga masyarakat dengan mudah menyampaikan pengaduanya dan juga menjadi sarana bagi Kecamatan untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai administrasi kependudukan yang telah selesai dikerjakan oleh pihak kecamatan.
“Melalui WA ini, masyarakat dapat menyampaikan pengaduanya ke kita, dan kita juga memanfaatkan WA ini untuk menginformasikan kepada masyarakat apabila surat-surat kependudukan yang mereka urus telah terbit, nanti surat-surat tersebut dapat langsung diambil oleh masyarakat ke kantor kecamatan ataupun kita antar langsung ke rumah masyarakat, ini untuk memudahkan masyarakat,” katanya, Senin (24/1).
Ke depannya layanan melalui WA Center ini akan terus ditingkatkan dengan menjadikan sebuah aplikasi, sehingga masyarakat dapat semakin mudah menyampaikan pengaduanya apakah itu berkaitan dengan masalah layanan kependudukan, kebersihan, dan masalah lainya.
“Ke depan kita sudah merencanakan akan membuat aplikasi yang kita berinama ‘TELEPATI’, yakni temu cepat, lapor cepat dan kita tindaklanjuti, tentu kita akan berkoordinasi dengan OPD terkait sehingga nantinya apabila ada aduan dari masyarakat dapat segera kita tindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan OPD terkait lainya sehingga layanan kita betul-betul dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” sebutnya.
Disamping memberikan pelayanan kependudukan kepada masyarakat, dalam mendukung lima program prioritas yang telah di tetapkan Wali Kota Medan Bobby Nasution, Irfan Asardi Siregar juga menjelaskan, pihaknya terus melakukan berbagai langkah guna mendukung kelima program prioritas tersebut.
Di bidang pengembangan UMKM, Irfan Asardi Siregar menyebutkan pihaknya secara rutin memberikan pelatihan bagi para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Medan Amplas. Bahkan hingga saat ini sudah ada 25 pelaku UMKM yang menjadi binaan Kec. Medan Amplas.
Selain itu Kecamatan Medan Amplas juga turut membantu memasarkan produk dari para pelaku UMKM tersebut dengan menjalin kerjasama dengan Indogrosir sehingga diharapkan dapat mendorong penjualan produk hasil UMKM.
“Ini kita lakukan untuk membantu pelaku UMKM yang ada di wiliayah kita agar dapat bertahan bahkan berkembang meskipun ditengah pandemi Covid, jadi kita fokus memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM kita termasuk membantu memasarkan produk yang dihasilkan,” jelasnya seraya menyebutkan program kesehatan, kebersihan, dan infrastruktur tak luput dari program kerja Kecamatan Medan Amplas.(wol/mrz/d2)
Editor: FACHRIL SYAHPUTRA
Discussion about this post