Menteri Luar Negeri China akan Kunjungan Kerja ke Indonesia

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi berjabat tangan dengan Menko Kemaritiman Indonesia, Luhut Pandjaitan sebelum melakukan pertemuan di Wisma Negara Diaoyutai, Beijing. (Oktober 2021). (Pool via AP/Daisuke Suzuki)
Iklan

Waspada.co.id – Menteri Luar Negeri China Wang Yi dikabarkan akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Filipina pada 11-16 Januari 2021.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menyebutkan Wang memulai kunjungan ke empat negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tersebut dari Myanmar pada Senin (11/1) untuk memenuhi undangan Aung San Suu Kyi.

Dilanjutkan kemudian ke Indonesia atas undangan Menlu RI Retno Marsudi. Lalu pada Selasa (12/1), Wang Yi yang juga anggota Dewan Negara China itu dijadwalkan bertemu dengan Menlu Retno dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Informasi yang dihimpun ANTARA Beijing, Wang akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/1). Dari Jakarta, Wang akan melanjutkan kunjungannya ke Brunei Darussalam dan Filipina atas undangan Menlu kedua negara itu.

Sebelum ke ASEAN, Menlu Wang Yi melakukan kunjungan ke sejumlah negara di Afrika.

iklan

Wang Yi sebelumnya berencana mengunjungi Indonesia menjelang peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-China pada April 2020. Namun karena terjadi pandemi, maka kunjungan tersebut baru bisa dilakukan pada awal 2021. (cnn/d2)

Iklan