Edy Rahmayadi Orang Pertama di Sumut Dapatkan Vaksinasi Covid-19

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, menjadi orang pertama di Sumut yang mendapatkan suntik vaksinasi Covid-19.

Penyuntikan vaksin digelar di rumah dinas Gubernur Sumut tepatnya di Jalan Sudirman, Kecamatan Medan Polonia, Kamis (14/1) pagi.

Sebelum mendapatkan suntik vaksinasi, Edy Rahmayadi melakukan pendaftaran terlebih dahulu, setelah melakukan pendaftaran dilanjutkan dengan screening dan evaluasi baru mendapatkan suntikan.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan vaksinasi, termasuk penanganan jika terjadi KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi.

“Persiapan sudah siap. Kita menyiapkan tempatnya, peralatan, SDM, kemungkinan kalau terjadi hal-hal KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi,” ujarnya.

iklan

Reaksi yang mungkin terjadi setelah imunisasi Covid-19 hampir sama dengan vaksin yang lain yaitu, efek samping bersifat lokal di antaranya berupa nyeri, iritasi, pembengkakan. Sementara efek samping sistemik, berupa nyeri otot, fetik, dan demam.

Sedangkan frekuensi efek samping dengan derajat berat, sakit kepala, gangguan di kulit atau diare yang dilaporkan hanya 0,1 sampai dengan 1 persen. Efek samping tersebut bukan efek samping yang berbahaya dan dapat pulih kembali.

Berdasarkan pantauan Waspada Online, setelah Edy Rahmayadi disuntik vaksinasi diikuti oleh Kapoldasu, Kajatisu, Ketua Pengadilan Tinggi, Kasdam I/BB, dan sejumlah pejabat lainnya termasuk Wakil Ketua DPRD Sumut. (wol/ryan/d2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan