Pemko Medan Imbau Masyarakat Agar Siaga Bencana Banjir

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan, Arief Sudarto Trinugroho, diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Sosial (Aspemsos) Setdako Medan Renward Parapat, didampingi Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Ridho Nasution dan Kabag Sosial Pendidikan (Sospen) Setda Kota Medan Khoiruddin Rangkuti, meninjau kondisi salah satu titik banjir di Kota Medan tepatnya di sekitar Jalan Brigjen Katamso Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Maimun, Jum’at (4/12).

Peninjauan ini dilakukan untuk memantau kondisi pada wilayah tersebut pasca terjadinya banjir sebagai akibat dari meluapnya beberapa aliran sungai khususnya Sungai Deli yang melintasi wilayah ini sejak dini hari. Kehadiran Aspemsos disambut langsung Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Arjuna Sembiring, beserta personil yang bersiaga dan membentuk posko darurat bencana di lokasi tersebut.

Pada kesempatan itu, Aspemsos atas nama Pemko Medan mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Medan untuk tetap siaga dan bersabar dalam menghadapi bencana alam ini.

“Kita semua sedang berada dalam keadaan yang prihatin terlebih dengan terjadinya bencana alam seperti banjir ini. Untuk itu, saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu siaga sekaligus bersabar dalam menghadapi cobaan ini. Saling tolong menolong antar warga sangat diperlukan saat ini. Karenanya, kita harus bahu membahu agar keadaan lekas pulih kembali pasca bencana ini,” ungkap Renward yang juga didampingi Camat Medan Deli dan Lurah Sei Mati.

Sejalan dengan hal tersebut, Renward juga memerintahkan camat dan lurah beserta jajarannya agar cepat tanggap dalam menanggulangi bencana banjir ini. Renward mengharapkan camat dan jajarannya terus memantau wilayah serta membantu masyarakat untuk memperoleh kebutuhan pokok dan obat-obatan yang diperlukan, mengingat cuaca Kota Medan dalam kurun waktu seminggu ini cukup ekstrim.

iklan

“Saya menginginkan camat dan lurah turun langsung untuk memantau wilayah dan membantu masyarakat. Jika ada yang harus mengungsi pastikan lokasi pengungsian layak dan membuat dapur umum serta posko-posko siaga bencana agar masyarakat yang harus mengungsi dapat terlayani dengan baik begitu juga dengan tenaga medis harus juga dipersiapkan sejak awal,” tegas Renward.

Selain itu, Renward juga melihat langsung beberapa lokasi di wilayah tersebut yang terendam air yang cukup dalam dan beberapa kali melakukan dialog dengan masyarakat setempat mengenai langkah-langkah evakuasi jika volume air semakin meninggi. Begitu juga dengan personil BPBD yang siap siaga di sekitar lokasi juga akan cepat tanggap dalam menanggulangi bencana banjir dan dampaknya.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan