Mahfud MD Sebut Benny Wenda Mendirikan Negara Ilusi

Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Ist)
Iklan
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyatakan, Pimpinan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda mendirikan negara ilusi. Benny sebelumnya mendeklarasikan pembentukan pemerintahan sementara Papua.

“Menurut kami, Benny Wenda telah membuat negara ilusi. Membuat negara yang tidak ada sebenarnya. Dalam faktanya, Negara Papua Barat itu apa?,” kata Mahfud dalam konferensi persnya di Kantor Kemenko Polhukam, Kamis (3/12/2020).

Dia mengatakan, Benny Wenda juga telah berniat melakukan upaya makar terhadap pemerintahan Indonesia. Menurutnya, pemerintah telah memerintahkan aparat kelolisian untuk melakukan tindakan penegakkan hukum atas tindakan tersebut.

“Pemerintah menanggapi itu dengan meminta Polri melakukan penegakkan hukum. Karena makar kalau skalanya kecil cukup Gakkum, kriminil, tangkap gunakan pasal-pasal tentang kejahatan keamanan negara. Dari pasal 6 sampai pasal 129, jadi cukup gakkum, ini tidak terlalu besar,” tuturnya.

Lebih jauh Mahfud menjelaskan, Benny Wenda seharusnya paham apa yang disebut negara. Dalan teorinya, sambung Mahfud, untuk membuat suatu negara tidak harus memiliki tiga karakteristik, yaitu memiliki rakyat, wilayah, serta daerah.

iklan
Iklan