Kasus Terus Meningkat, IDI Ingatkan Sudah 180 Dokter Gugur karena Covid-19

Ilustrasi (WOL Photo/Ega Ibra)
Iklan
agregasi

JAKARTA – Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M Faqih meningatkan bahwa tingginya kasus covid-19 akan semakin menambah beban rumah sakit dan para tenaga medis. Menurutnya, hal ini juga akan semakin meningkatkan risiko petugas kesehatan tertular covid-19.

“Kalau semakin banyak, beban rumah sakit semakin tinggi maka petugas kesehatan semakin berat. Kalau semakin berat akan berisiko petugas kesehatan banyak tertular dan banyak gugur,” katanya saat konferensi pers, Senin (30/11/2020).

 

Dia mengatakan, bahwa jumlah dokter yang gugur karena covid cukup tinggi. Dia meminta agar semua pihak mau berkomitmen menjalankan protokol kesehatan.

“Dokter saja dengan meningkatnya angka yang tinggi ini dilaporkan banyak yang gugur. Sekarang sampai 180 dokter yang gugur yang terlapor. Jadi mohon kita sebagai warga masyarakat ayolah komitmen bareng-bareng,” ungkapnya.

iklan

Daeng secara khusus meminta pimpinan masyarakat untuk benar-benar menjadi contoh dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal ini mengingat merekalah yang didengarkan oleh anggota masyarakat.

“Ayolah kasih contoh komitmen melakukan protokol kesehatan 3M. Jangan sampai lengah kita. Kalau lengah melakukan 3M, pimpinan-pimpinan-pimpinan masyarakat tidak mencontohkan tidak mengkampanyekan, tidak mengarahkan anggota masyarakatnya, kita khawatir ke depan akan semakin tinggi bukan semakin melandai,” jelasnya.

Iklan