Gugatan Pilkada, KPU Medan: Sedang Menunggu Penerbitan BRPK

Ilustrasi (WOL Photo/Iman Harahap)
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan masih menunggu Mahkamah Konstitusi (MK) menerbitkan catatan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

“Kemungkinan dijadwalkan terbitnya pada 3-18 Januari 2021. Kalau sudah dicatat baru kita respon secara resmi,” ujar Komisioner KPU Medan, Zefrizal saat dikonfirmasi, Senin (28/12).

Dikatakan, secara formal KPU Medan bisa mengetahui gugatan pilkada melalui BRPK yang diterbitkan MK.

“Selanjutnya KPU Medan akan mengambil langkah ke depan untuk mengatasi gugatan tersebut,” ujarnya.

Diketahui, pasangan calon nomor urut satu, Akhyar Nasution – Salman Alfarisi telah melayangkan gugatan ke MK, pada 18 Desember lalu.

iklan

Berdasarkan surat tanda terima pengajuan permohonan online nomor : 174/PAN.ONLINE/2020, pokok perkara yang diajukan adalah perselisihan hasil pemilihan suara Wali Kota Medan Tahun 2020.

Sementara itu kelengkapan berkas yang tertera dalam surat terdiri dari : permohonan, KTP pemohon, daftar alat/dokumen bukti, alat bukti, SK penetapan pasangan calon, dan surat kuasa.

Sementara itu, Kuasa Hukum Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 01 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, Ucok TH Lumban Gaol yang dikonfirmasi menyebutkan, jadwal sidang gugatan yang diajukan ke MK sudah ditetapkan pada tanggal 26 Januari 2021 mendatang.

“Namun masih banyak tahapan yang harus kita lewati, seperti verifikasi pengumuman, perbaikan berkas, hal tersebut di atur dalam peraturan MK Nomor 8 Tahun 2020 tentang, tahapan, kegitan dan jadwal penanganan perkara,” sebutnya.(wol/man/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan