Wali Kota Serahkan Zakat Kepada 1.080 Penerima

Istimewa
Iklan

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman kembali menyerahkan zakat kepada 1.080 orang penerima, warga Banda Aceh yang sangat membutuhkan pada Rabu, 25 November 2020, di halaman Pendopo Wali Kota.

Kepala dimisioner Baitul Mal kota, Asqalani menjelaskan, sebanyak 1.080 orang penerima ini dikategorikan dalam bantuan miskin perseorangan, modal usaha kecil, beasiswa bagi pelajar, dan tenaga pendidikan SMA sederajat se-Banda Aceh.

Lebih jelas lagi, zakat modal usaha diberikan kepada 170 orang dengan nilai Rp3 juta per orang, beasiswa bagi pelajar kepada 373 orang dengan Rp800 ribu per orang, tenaga pendidikan SMA sederajat kepada 536 orang dengan masing-masing Rp800 ribu, dan 1 orang fakir miskin dengan nilai Rp1.369.468.

Dalam sambutannya, Wali Kota Aminullah Usman mengatakan, zakat diserahkan secara simbolis kepada para penerima sebagai bentuk transparansi dalam pengelolaan zakat di badan zakat milik pemerintah, Baitul Mal.

“Kita berharap bantuan-bantuan yang diberikan Baitul Mal ini akan meringankan beban bagi sekalian,” ujar Aminullah.

iklan

Dan begitu juga, bagi yang menerima bantuan modal usaha, Aminullah berharap agar dengan bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Kita tahu dalam masa pandemi Covid-19 ini banyak yang kehilangan modal, sehingga dengan dukungan ini kita harapkan dapat terbantu kembali,” kata Aminullah.

“Mohon gunakan dana bantuan ini dengan bermanfaat, untuk modal menghidupkan usaha, gunakan dengan tepat agar beban-beban yang ada semakin ringan,” tambahnya.

Terakhir, Aminullah meminta dukungan masyarakat supaya Baitul Mal menjadi lembaga yang konsisten dalam mengelola zakat kepada warga yang sangat membutuhkan .

“Mari kita doakan Baitul Mal Banda Aceh agar terus bisa bekerja keras dan meningkatkan penerimaan zakat, infaq dan sedekah sehingga lebih banyak ke depan yang dapat dibantu,” ucapnya.

Aminullah juga meminta masyarakat saling mengingatkan jika ada disekeliling orang yang lebih hartanya, untuk dapat membantu sesama dengan mengantarkan kelebihannya ke Baitul Mal Kota (sebagai muzakki), dengan harapan semakin banyak muzakki maka semakin banyak yang terbantu.

Sementara itu, salah-seorang penerima zakat produksi, Syahril, mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Wali Kota yang telah sangat peduli terhadap kaum menengah ke bawah selama ini.

“Pak Amin sosok yang murah hati, kita semua tahu itu. Pemberian hari juga merupakan ketegasan beliau dalam mempedulikan kami kaum kurang mampu. Kami berharap agar sampai nanti pemerintah terus peduli kepada kami,” ucapnya. (bandaacehkota/ags/data3)

Iklan