Wali Kota Deklarasikan Ateuk Munjeng Sebagai Gampong Sehat Gemilang

Istimewa
Iklan

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mendeklarasikan Gampong Ateuk Munjeng Kecamatan Baiturrahman sebagai Gampong (Desa) Sehat Gemilang.

Deklarasi ini dilakukan wali kota di halaman meunasah gampong setempat, Kamis (19/11/2020).

Kadis Kesehatan Lukman, Camat Baiturrahman Muhammad Rizal, Keuchik Amirzan dan Tuha Peut Gampong (TPG) ikut menandatangani dokumen deklarasi di depan wali kota dan disaksikan Muspika Baiturrahman bersama para keuchik dalam kecamatan tersebut.

Dalam sambutannya, Aminullah berharap status Gampong Sehat Gemilang yang kini disandang Gampong Ateuk Munjeng dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Alhamdulillah hari ini Ateuk Munjeng meraih status Gampong Sehat Gemilang dengan katagori Jroeh. Ini harus dipertahankan dan harus menjadi model bagi gampong yang lain,” harap Aminullah.

iklan

Dengan status yang disandang Gampong Ateuk Munjeng saat ini, kepedulian terhadap warga akan pemenuhan layanan kesehatan harus meningkat.

“Hidup sehat harus menjadi budaya. Kebersihan lingkungan, rumah dan fasilitas ibadah harus terjaga kebersihannya. Karena kebersihan tidak bisa dipisahkan dengan kesehatan,”pesan wali kota.

Kepada keuchik dan aparatur gampong, mantan Dirut Bank Aceh ini mengingatkan agar memperbanyak edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat, apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir.

“Harus ada sosialisasi dan edukasi kepada warga. Harapan kita dengan program ini derajat kesehatan masyarakat semakin tinggi,” kata wali kota.

Lanjutnya, derajat kesehatan juga menjadi salah-satu poin penting dalam kesuksesan pembangunan, dimana akan melahirkan masyarakat-masyarakat yang produktif yang selalu siap mengisi pembangunan.

Ia juga menyinggung Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Banda Aceh yang berada di posisi terbaik II Nasional. Salah-satu indikator penilaiannya termasuk kualitas kesehatan masyarakat.

“IPM Banda Aceh terbaik II Nasional dengan angka 85,07 setelah Jogja. Derajat kesehatan masyarakat jadi salah-satu indikator penilaian dimana Banda Aceh juga telah meraih Kota Sehat Swasti Saba dari Kementerian Kesehatan. Tentu ini harus kita pertahankan,” ajak Aminullah.

Di penghujung acara ini, wali kota menyerahkan hadiah untuk Gampong Ateuk Munjeng yang berhasil meraih juara Lomba Gampong Sehat Gemilang Tahun 2020 dengan katagori ‘Jroeh’. Hadiah yang diserahkan wali kota berupa 1 unit komputer dan 1 unit printer. (bandaacehkota/ags/data3)

Iklan