Salip Bill Gates, Berapa Kekayaan Elon Musk?

Chairman dan CEO Tesla Motors Elon Musk. (carnewscafe.com)
Iklan

Waspada.co.id – Pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk secara resmi telah mengambil alih posisi pendiri Microsoft Bill Gates sebagai orang terkaya kedua di dunia. Kekayaan bersih Musk meningkat sebesar US$7 miliar menjadi US$128 miliar atau Rp1.816 triliun.

Kenaikan kekayaan Musk tak lepas dari kenaikan nilai pasar Tesla yang mendekati US$500 miliar atau Rp7.094 triliun. Padahal, kapitalisasi pasar Tesla tahun lalu masih US$45 miliar atau Rp638 triliun.

Melansir Business Insider, kekayaan Musk masih terpaut jauh dari kekayaan pemilik Amazon, Jeff Bezoz. Orang terkaya di dunia itu memiliki kekayaan bersih hingga US$182 miliar atau Rp2.582 triliun.

Kapitalisasi pasar Tesla melonjak sangat signifikan karena ditetapkan untuk bergabung dalam indeks S&P 500 eksklusif dan Morgan Stanley meningkatkan sahamnya.

Saham Tesla naik 2 persen dalam perdagangan pra-pasar awal pekan ini dan sahamnya naik hampir 730 persen tahun ini.

iklan

Musk dan Gates telah mengalami tahun yang penuh konflik karena mereka berulang kali tidak saling sepakat tentang sejumlah hal, mulai dari virus corona hingga mobil listrik. Musk diketahui menyindir Gates yang membeli mobil listrik Porsche Taycan.

Musk bahkan menyebut Gates sebagai ‘orang bodoh’ karena mengkritik upayanya dalam melakukan studi antibodi virus corona.

Melansir The Guardian, tiga perempat kekayaan bersih Musk berasal dari saham Tesla. Jika pertumbuhan harga saham Tesla terus berlanjut, Musk bisa mendapatkan kesepakatan bonus senilai US$55,8 miliar atau Rp792 triliun.

Untuk memicu bonus maksimum, dia harus membangun Tesla menjadi perusahaan senilai US$650 miliar atau Rp9.228 triliun pada tahun 2028.

Tesla memiliki nilai pasar tertinggi di antara perusahaan mobil mana pun di dunia, meskipun menghasilkan kendaraan yang jauh lebih sedikit daripada yang lain. Tesla direncanakan dapat menjual hingga 500.000 kendaraan listrik tahun ini, dibandingkan dengan produksi tahunan produsen mobil Jepang Toyota sekitar 10 juta.

Musk juga terlibat dalam pesawat ruang angkasa melalui perusahaannya, SpaceX, yang pekan lalu mengirim empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan roket Falcon dan kapsul Dragon di bawah kontrak komersial dengan NASA.

SpaceX juga akan meluncurkan 60 satelit internet broadband ke orbit, setelah mengalami penundaan karena kondisi cuaca buruk.

Sebelumnya, Elon Musk menyalip Bos Facebook Mark Zuckerberg yang kini berada di urutan keempat daftar orang terkaya di dunia. Total kekayaannya Mark Zuckerberg tercatat mencapai US$108 miliar atau setara Rp1.538 triliun. (cnnindonesia.com/data3)

Iklan