Perbatasan AS-Kanada-Meksiko Tutup hingga 21 Desember Karena Covid-19

Perbatasan AS-Meksiko-Kanada akan tetap ditutup hingga 21 Desember 2020 karena kasus corona masih tinggi. (Foto: AFP PHOTO/GUILLERMO ARIAS)
Iklan

WASHINGTON, Waspada.co.id – Perbatasan yang memisahkan Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko akan tetap ditutup hingga 21 Desember 2020. Kendati jelang perayaan Natal, penutupan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Chad Wolf, mengonfirmasi kabar penutupan perbatasan tersebut. “Untuk terus mencegah penyebaran Covid-19, AS, Meksiko, dan Kanada akan memperpanjang pembatasan perjalanan yang tidak penting hingga 21 Desember,” tulis Wolf dalam cuitannya.

“Kami bekerja sama dengan Meksiko dan Kanada untuk menjaga perdagangan dan perjalanan penting tetap terbuka sekaligus untuk melindungi warga kami dari virus,” tambahnya.

Mengutip AFP, Menteri Keamanan Publik Kanada Bill Blair mengonfirmasi kabar yang diumumkan Wolf. Blair mengatakan jika keputusan untuk memperpanjang penutupan perbatasan dilakukan setelah mendengar nasihat dari ahli kesehatan masyarakat.

“Keputusan kami untuk terus menutup perbatasan didasarkan pada nasihat kesehatan masyarakat terbaik yang tersedia untuk menjaga keamanan warga Kanada,” tulis Blair.

iklan

Perbatasan AS-Kanada menjadi perbatasan darat terpanjang di dunia yang telah ditutup pada Maret lalu karena pandemi Covid-19.

Sejak saat itu, jalur perbatasan hanya terbuka bagi perdagangan barang dan perjalanan penting saja. Evaluasi terkait penutupan perbatasan setiap bulan sejak Maret untuk membahas sektor apa saja yang diperbolehkan melintas.

Sejak Maret hingga kini, kasus corona di AS masih menjadi yang tertinggi di seluruh dunia. Data statistik John Hopkins University melaporkan AS menjadi satu-satunya negara yang telah menyentuh 11.713.242 kasus dengan 252.514 matian akibat corona.

Sementara Meksiko memiliki 1.015.071 kasus dan 100.104 kematian. Kanada sejauh ini melaporkan 319.175 kasus dengan 11.314 korban jiwa. (wol/ari/cnnindonesia/data3)

Iklan