Panwascam Medan Timur Bentuk Tim Telusuri Dugaan Politik Uang

Foto: Istimewa
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Pangawas Kecamatan (Panwascam) Medan Timur mengamankan dua orang ibu-ibu yang diduga melakukan pembagian uang kepada warga untuk mendukung salah satu paslon.

Demikan dikatakan ketua Panwascam Medan Timur, Taufik Hidayat Tanjung saat dikonfirmasi, Senin (30/11).

“kemarin orang itu kita bawa ke kantor karena kita takut dimassakan sama masyarakat, karena masyarakat makin lama makin ramai yang datang. Jadi kita bawa ke kantor terus dimintai keterangan sebentar, lalu disuruh pulang,” kata Taufik.

Disebutkan, Panwascam mendapatkan laporan tersebut dari warga bahwa ada orang yang membagikan uang, selanjutnya pengawas kelurahan langsung hadir ke lokasi yang saat itu sudah ramai.

“Tetapi saat itu tidak ada pembagian uang, karena uangnya sudah selesai dibagikan. Akan tetapi yang menjadi masalahnya ada ingkar kesepakatan di antara mereka. Masyarakat itu disuruh pegang uang sambil menunjukkan jari ke salah satu simbol paslon, Jari dua kompak,” tuturnya.

iklan

“Cuman setelah di foto uangnya diambil lagi dikasihnya Rp20 ribu yang difoto Rp50 ribu diambil lagi. Tetapi tidak ada mengajak untuk memilih paslon, hanya menunjukkan jari itu saja,” sumbungnya.

Lebih lanjut Taufik menjelaskan, dalam penindakan Panwascam menjadikan hal tesebut sebagai informasi awal. Sesuai dengan peraturan Bawaslu nomor 8 tahun 2020.

“kita punya waktu 7 hari untuk melengkapi alat bukti, jadi kita sedang membentuk tim penelusuran. Untuk mencari informasi terkait tindakan tersebut. Setelah 7 hari kami akan lakukan pleno apabila ada unsur pidana maka akan dikirimkan ke Gakkumdu Kota Medan,” pungkasnya.(wol/man/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan