Menpora: Sport Center Bisa Jadi Ikon Baru di Sumut

WOL Photo/Ari
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, meninjau pembangunan Sport Center Sumut yang bakal berdiri di area seluas 300 hektare di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang, Jumat (20/11).

Di sela-sela peninjauan, Menpora mengakui Sumut bakal memiliki ikon baru sebagai kebanggaan masyarakatnya dalam beberapa tahun ke depan. Ikon tersebut tidak lain adalah kawasan olahraga terpadu atau Sumut Sport Center.

Menpora berharap keberadaan Sumut Sport Center tidak hanya menjadi arena pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, namun juga arena pelaksanaan kejuaraan olahraga bertaraf internasional baik single event maupun multi event.

Zainudin berpesan kepada pemerintah daerah agar proyek pembangunan kawasan sport center didesain sesuai standar internasional dan konsultasi dengan federasi internasional untuk setiap cabang olahraga.

“Ini tidak hanya ditujukan untuk menjadi tuan rumah PON, tetapi event-event internasional. Karena itu saya sependapat ini didesain sesuai standar internasional, sehingga tidak kesusahan begitu ditunjuk menjadi tuan rumah event internasional,” pesan Menpora.

iklan

Zainudin juga mengapresiasi Pemprovsu yang mendesain kawasan Sport Center didukung rencana pembangunan kawasan zona penunjang dan komersil, seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, wahana bermain, sekolah keolahragaan yang turut menghasilkan devisa negara.

Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah mengatakan pembangunan Sumut Sport Center tidak bisa sepenuhnya mengandalkan APBD dan APBN, namun butuh dukungan investor. Khususnya dalam mendukung pembangunan venue cabang olahraga yang butuh anggaran fantastis.

Plt Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, menjelaskan kawasan Sumut Sport Center terbagi atas zona olahraga, penunjang, dan komersil. Zona olahraga dibangun setidaknya 36 venue cabang olahraga standar internasional yang bakal digunakan sebagai tuan rumah PON 2024. (wol/ari/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan