Mendikbud: Sekolah Tatap Muka Semua Zona Dimulai Januari 2021

Nadiem Makarim. (Foto: Okezone)
Iklan
agregasi

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah akan dimulai kembali per Januari 2021. Hal ini berlaku untuk semua zona meski pandemi Covid-19 belum reda.

Dengan begitu, peta warna risiko Covid-19 tidak lagi menjadi acuan pembukaan sekolah. Namun, pemerintah daerah setempat memiliki kewenangan mutlak untuk mengeluarkan izin pembelajaran tatap muka (PTT) ini menyesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Dimulainya PTT mulai Januari 2021 ini merupakan keputusan bersama empat menteri yakni Mendikbud Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Fachrul Razi, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Keputusan tersebut disepakati oleh Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

“Dimulai Januari 2021 pada semester genap tahun ajaran 2020 – 2021. Pemerintah pusat memberi kewenangan sepenuhnya kepada pemerintah daerah yang lebih memahami kondisi pandemi COVID-19 di wilayahnya,” ujar Nadiem pengumuman keputusan bersama panduan penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap 2020/2021 di masa pandemi COVID-19, Jumat (20/11). Pengumuman ini disiarkan langsung melalui Channel Youtube Kemendikbud.

iklan

Nadiem juga menekankan, sebelum membuka PTT, pemda perlu bersepakat dengan pihak sekolah dan orang tua siswa.

Iklan