KOPA Bantu Anak Kampung Aur Belajar Daring

WOL Photo/Iman Harahap
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Komunitas Peduli Anak (KOPA) membantu anak-anak yang berada di Kampung Aur, Kecamatan Medan Maimun, dalam proses belajar daring selama pandemi Covid-19.

Pendiri KOPA, Syafri Tanjung, mengatakan kegiatan tersebut bekerja sama dengan salah satu stasiun televisi dalam menciptakan proses belajar mengajar.

“Hari ini, kita telah melakukan pembelajaran terhadap anak di sini. Kami berterima kasih dengan DAAI TV yang menyediakan WiFi gratis untuk bisa dipakai anak-anak belajar melalui sistem daring,” ujarnya saat dikonfirmasi Sabtu (28/11).

Dikatakan, kegiatan tersebut sudah berlangsung selama sebulan. Anak-anak yang terdiri atas tingkatan Sekoah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) menikmati fasilitas WiFi gratis sampai enam bulan ke depan.

“Saat ini, sudah 50 anak yang mendapati fasilitas WiFi secara gratis untuk mengakses pelajaran. Setelah selesai belajar daring, kegiatan akan dilanjutkan dengan diskusi kelompok tentang hasil yang mereka pelajari,” katanya.

iklan

Lebih lanjut, Syafri menyebutkan KOPA akan membantu anak-anak yang putus sekolah akibat pandemi Covid-19 dengan mengejar ujian paket A, B, dan C.

“Ada beberapa anak yang putus sekolah di masa pandemi ini ataupun sebelumnya. Kami akan membantu untuk mengejar paket A B atau C. Setiap tahun kami mendampingi mereka,” tuturnya.

Selain itu, Syafri berharap kegiatan tersebut dapat lebih diperhatikan. Menurutnya, kegiatan bisa membuat anak-anak betah untuk belajar dan tidak turun ke jalan.

“Apalagi di masa pandemi ini mereka pasti membutuhkan pendampingan. Agar berkurang yang turun ke jalan karena rata-rata di sini, semisal jual koran dan menyemir sepatu,” pungkasnya. (wol/aa/man/d2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan