Kemenparekraf Dorong Program Branding Produk Pariwisata Kota Medan

WOL Photo/Ega Ibra
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Kementerian Pariwisata dan dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus mendorong program branding produk pariwisata di Kota Medan.

Upaya ini menjadi salah satu strategi mendongkrak sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

“Ini dilakukan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumatera Utara khususnya Kota Medan melalui media digital. Media digital menjadi salah satu cara untuk menikmati sektor pariwisata yang terpuruk saat pandemi Covid-19,” tutur Anggota DPR RI Komisi X dari fraksi PDI Perjuangan, dr Sofyan Tan, Rabu (25/11).

Di masa pandemi sekarang ini tentunya semua pengusaha di ekonomi kreatif berdampak apalagi sangat bergantung pada sektor pariwisata.

“Di kondisi seperti ini, Kemenperekraf membuat berbagai kegiatan salah satunya adalah branding produk,” katanya di sela Bimbingan Teknis Strategi Branding Melalui Media Digital di Era Adaptasi Baru,” jelasnya.

iklan

Dan branding yang bagus bisa memanfaatkan ruang online seperti media sosial seperti Instagram, Facebook dan lainnya. Dengan begitu, ekonomi kreatif akan terus maju dan berkembang, apalagi budaya belanja masyarakat berubah menjadi online.

“Strategi promosi melalui media digital harus mampu menjadi daya tarik wisata dan ekonomi kreatif. Begituan harus dikemas dengan apik dengan penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sektor pariwisata sudah mulai bangkit khususnya destinasi lokal. Ia berharap, pemda, pemkap, ataupun para pelaku ekonomi kreatif harus mempersiapkan diri beradaptasi dengan kebiasaan baru, terutama dalam hal bentuk protokol kesehatan, sehingga wisatawan dapat merasa aman dan nyaman pada saat berwisata.

Koordinator Strategi Pemasaran dan Kemitraan, Direktorat Komunikasi Pemasaran, Dedi Ahmad Kurnia menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 diharapkan tetap optimis mengembangkan ekonomi kreatif melalui media digital. Pelaku ekonomi memiliki kewajiban untuk meningkatkan citra atau branding agar lebih berkembang.

“Kami berharap pelaku ekonomi kreatif dapat terus berjuang dan meningkatkan branding sehingga kehidupan ekonomi tetap berjalan dan maju. Kemenparekraf tetap mendampingi pelaku ekonomi kreatif agar bangkit di tengah pandemi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono, menambahkan pelaku ekonomi kreatif banyak tumbuh di tengah pandemi Covid-19. Karena itu, masih perlu banyak dukungan dan dorongan dari Kemenparekraf.

“Kiranya, kegiatan bimbingan seperti ini secara kontribusi dapat dilakukan. Hal ini agar dapat mendukung ekonomi kreatif dalam memasarkan produknya,” pungkasnya.(wol/eko/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan