DPRD Sumut Dukung Penuh Prestasi Atlet NPC Sumut

WOL Photo/Ari
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Pengurus NPC Sumatera Utara melakukan audiensi ke Kantor DPRD Sumatera Utara, Senin (9/11). Dalam audiensi tersebut, Pengurus NPC Sumut diterima langsung oleh Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting.

Dalam arahannya, Ginting mengaku pada prinsipnya DPRD Sumut sangat mendukung penuh prestasi yang diraih para atlet NPC Sumut yang tidak hanya diraih di tingkat nasional, tapi juga Asia dan dunia. Prestasi ini harus bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan ke depannya.

“Tentunya prestasi-prestasi ini wajib untuk diapresiasi. Karena prestasi yang diraih ini bisa didapat tentunya dengan pembinaan yang baik dan tepat,” terangnya.

Terkait anggaran untuk tahun 2021, Baskami mengaku akan melihat serta berkoordinasi terlebih dulu dengan dinas terkait, dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora Sumut) serta Komisi E. Pada intinya, DPRD Sumut disebutkan akan bantu mengawal anggaran ini.

“Makanya saya sarankan sekaligus meminta Komisi E DPRD Sumut untuk mengundang Pengurus NPC Sumut dan Dispora Sumut. Kan biar jelas semuanya, kalau sudah bisa duduk bersama antara Komisi E, Dispora Sumut, dan NPC Sumut,” ujarnya.

iklan

“Intinya, saya akan membantu terkait masalah anggaran NPC Sumut. Hanya saja memang berbicara anggaran pasti ada tahapannya. Namun sekali lagi, melihat prestasi yang luar biasa dari NPC Sumut, pastinya kita semua harus mendukung itu,” tukas Ginting.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting, menjelaskan NPC Sumut sudah resmi berpisah dengan KONI Sumut. Maka dengan begitu, NPC Sumut mengelola anggarannya sendiri terkait pembinaan dan prestasi atlet.

“Sejauh ini, atlet NPC Sumut sukses meraih prestasi mulai dari nasional hingga dunia. Kalau nasional, Sumut sukses menempati posisi tiga besar pada ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2016 di Jawa Barat,” katanya.

Sementara itu, kata Alan, untuk tingkat Asia Tenggara dan Asia, atlet Sumut terbilang banyak dalam menyumbang medali bagi Indonesia di ajang ASEAN Para Games dan Asian Para Games.

“Uuntuk dunia, dua atlet Sumut (Nur Very Pradana dan Putri Aulia) akan membela Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo. Bisa dikatakan ini sejarah, karena belum ada atlet Sumut yang bermain di tingkat dunia seperti Paralimpiade atau Olimpiade,” tegasnya didampingi pengurus lainnya Wakil Ketua I Bid Organisasi, Erwin Nasution dan Wakil Ketua II Bidang Prestasi, Mazrinal Nasution. (wol/ari/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan