Chek Zainal: Guru Adalah Penentu Mutu Pendidikan

Istimewa
Iklan

Banda Aceh, Waspada.co.id – Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin membuka secara resmi Kegiatan Pemenuhan Pendampingan Uji Kompetensi Guru (UKG) Jenjang SD Kota Banda Aceh Tahun 2020 di Hotel Rasamala, Senin (23/11/2020).

Kegiatan yang diikuti para guru jenjang SD Kota Banda Aceh ini dihadiri Kadis Pendidikan Saminan, Ketua MPD Salman Ishak, Ketua K3S Ramli dan mewakili Koordinator Pengawas Hasbullah.

Wakil Wali Kota dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh sangat mendukung terhadap berbagai upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi Guru SD terutama di masa Pandemi Covid-19 saat ini, dan memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atas inisiatif menyelenggarakan kegiatan ini.

Zainal Arifin juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat strategis untuk meningkatkan dan memetakan kompetensi para guru yang ada di Kota Banda Aceh.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menjadi acuan pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan dan tenaga pendidik yang merupakan salah satu strategi pencapaian dari prioritas pembangunan daerah di Bidang Pendidikan,” ujar Chek Zainal.

iklan

Chek Zainal menyebutkan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, disebutkan bahwa standar kompetensi guru ada 4 yaitu kompetensi pendagogik, kepribadian, sosial dan profesional.

Menurutnya, Guru saat ini haruslah memiliki kompetensi tersebut, yang dapat menjadikan dunia pendidikan lebih bermutu dan berkualitas. “Apalagi keberhasilan pendidikan di suatu daerah sangat dipengaruhi peran strategis para guru,” kata Chek Zainal.

Chek Zainal juga berpesan kepada peserta untuk pergunakan dan manfaatkanlah waktu yang singkat ini dengan serius, penuh semangat dan disiplin serta bersungguh-sungguh agar proses berlangsungnya kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, harapnya. (bandaacehkota/ags/data3)

Iklan