Bawaslu Fokus Awasi Prokes dan Sortir Pelipatan Surat Suara

Ketua Bawaslu Medan, Payung Harahap. (WOL Photo/Iman Harahap)
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kota Medan melakukan peninjuan lokasi pelipatan surat suara di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) eks Bandara Polonia Medan, Selasa (17/11).

Ketua Bawaslu Medan, Payung Harahap, mengatakan Kegiatan tersebut penuh kepada pengawasan terhadap tahapan yang dilaksanakan KPU. Sehingga kehadiran Bawaslu untuk memastikan kegiatan sesuai dengan PKPU nomor 5 tahun 2020.

“Yang kita perhatikan dan menjadi objek pengawasan kita adalah terkait standart protokol kesehatan, karena hal ini sudah menjadi kesepakatan final. Standart prokes ini yang pertama sehingga seluruh pekerja akan kita lakukan pengawasan,” kata Payung.

Lebih lanjut Payung menyebutkan, yang menjadi objek pengawasan Bawaslu dalam pelaksanaan peliputan surat suara adalah terhadap sortirnya.

“kita akan melakukan pengawasan, apakah sortirannya sudah sesuai atau tidak, bisa saja terbalik atau mungkin ada dua lembar itu menjadi objek pengawasan Bawaslu,” ucapnya.

iklan

Disebutkan, Bawaslu juga akan melakukan pendataan setiap hari dan akan dituangkan dalam sebagai hasil pengawasan. Dan akan dilaporkan setiap harinya di Bawaslu Medan.

Adapun hari ini KPU Medan melaksanakan kegiatan pelipatan surat suara Pilkada Kota Medan yang akan digelar 9 Desember mendatang.

Jumlah surat suara yang akan dilipat sejumlah 1.601.001 ditambah 2,5 persen untuk cadangan menjadi 1.643.175 lembar.(wol/man/d2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan