Bang Naga: Integritas Menentukan Kesuksesan

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Aktor, Sutradara dan Produser kawakan Indonesia, Deddy Mizwar seakan ‘pulang kampung’. Karakter Naga Bonar tetap melekat pada dirinya saat kembali menginjakkan kaki ke Kota Medan. Aktor sesnior yang mengawali karir sebagai seniman teater ini memang terbilang sering datang ke Medan, Sumatera Utara, sejak 1970 silam.

‘Bang Naga, demikian dia dipanggil di beberapa judul film dan sinetron yang dibintanginya, terkhusus saat memerankan pria berdarah Batak. Seperti halnya Film Naga Bonar (1987), Naga Bonar Jadi 2 (2007) dan beberapa film terbarunya.

Film ‘Sejuta Sayang Untuknya’ yang juga menjadi trending di media sosial baru-baru ini, pun tak lekang dengan karakter kuat sosok pria berdarah Batak.

Kali ini, Deddy Cs telah pula merampungkan syuting ‘Naga 3’ yang penuh dengan pesan moral yang bakal menguras air mata. Mulai dari perjuangan, rasa cinta pada negeri, pendidikan, dan berbagai hal positif lainnya.

Namun pesan yang paling menonjol dalam film ini adalah cinta meskipun dari awal hingga akhir tak ada satu kata cinta pun yang disebutkan. Menurutnya, cinta tidak harus selalu diucapkan, tapi diekspresikan. Ia juga menuturkan bahwa cinta adalah kebutuhan manusia agar tetap hidup.

iklan

“Cinta itu harapan. Orang bisa hidup selama 40 hari tanpa makan, 4 hari tanpa minum, 4 menit tanpa bernapas, tapi bisa mati kalau selama 4 detik tidak punya harapan. Bisa bunuh diri kalau tidak punya harapan. Harapan ada karena cinta.” ujar Deddy sumringah.

Selain cinta, pria yang menekuni dunia teater sejak remaja ini juga menekankan pentingnya integritas bagi setiap manusia.

“Untuk sukses, lulusan terbaik dari kampus terbaik dan dengan yang tinggi berada dalam urutan ke 20 hingga 30. Nomor satu adalah integritas. Integritas mu akan menentukan kesuksesan mu. Power of love. Termasuk cinta kita pada negeri ini, cinta pada sesama dan cinta kepada bangsa.” ujarnya diselingi tawa lepas.

Sebagai penutup pria yang merupakan mantan Wakil Gubernur Jawa Barat tersebut berkata bahwa kunci dari segala permasalahan adalah cinta. “Semua persoalan, selama masih ada cinta dengan sesama, pasti selesai semuanya. Karena cinta, selesai semuanya.” tutup Deddy.
(wol/jul/ags)

Editor: Agus Utama

Iklan