7 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Ampuh Turunkan Gula Darah hingga Kolesterol!

Daun kelor (Foto: Timesofindia)
Iklan
agregasi

Daun kelor ini sangat kaya akan nutrisi. Daunnya banyak digunakan dalam masakan India karena daun nya ini serbaguna dan dapat dimasukkan ke dalam makanan dengan berbagai cara. Menambahkannya ke dalam jus dan menggunakannya sebagai sayuran tumis adalah cara yang paling umum untuk memakannya.

Jika dikonsumsi dalam bentuk alami, tidak masalah karena daun kelor tidak memiliki efek samping. Jika Anda ingin tahu manfaat dari daun kelor, Berikut beberapa manfaat kesehatan dari daun kelor

1. Kaya akan vitamin dan mineral

Daun kelor kaya akan vitamin A, C, B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B6 dan Folat. Mereka juga kaya magnesium, besi, kalsium, fosfor, dan seng.

Satu cangkir daun kelor mengandung 2 gram protein, magnesium (8 persen dari AKG), Vitamin B6 (19 persen dari AKG), Besi (11 persen dari AKG), Riboflavin (11 persen dari AKG). RDA) dan Vitamin A (9 persen dari RDA)

iklan

2. Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah tinggi yang berkelanjutan dapat menyebabkan Anda terkena diabetes, yang dimana akan terjadi masalah jantung dan kerusakan organ di dalam tubuh.

Untuk menghindarinya, ada baiknya Anda menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali. Daun kelor adalah sumber yang cocok untuk itu, karena daun kelor ini memiliki kandungan isothiocyanate yang dapat menstabilkan kadar gula darah.

3. Menurunkan kolesterol

Selain gandum, biji rami, dan almond. Daun kelor adalah obat yang dapat diandalkan untuk melawan kolesterol tinggi. Kolesterol adalah alasan utama mengapa orang menderita penyakit jantung dan dengan Anda memakan daun kelor telah menunjukkan peningkatan yang cukup besar terhadap kadar kolesterol tinggi. Daun kelor ini dapat menurunkan kadar tersebut dan melindungi Anda dari risiko penyakit jantung

4. Melindungi hati Anda

Anda yang mengidap tuberkulosis dapat memperoleh manfaat besar dari daun kelor karena dapat mengurangi efek negatif obat anti tuberkulosis. Daun kelor ini dapat mempercepat perbaikan sel hati, karena memiliki konsentrasi polifenol tinggi yang dapat melindungi hati dari kerusakan oksidatif dan bahkan dapat menguranginya. Daun kelor ini pun dapat meningkatkan kadar protein di hati dan menstabilkan enzim pada hati

5. Baik untuk perut Anda

Daun kelor bermanfaat melawan gangguan pencernaan. Anda yang menderita sembelit, kembung, gas, gastritis dan kolitis ulserativa harus menambahkan daun kelor ke dalam makanan Anda.

Daunnya memiliki khasiat antibiotik dan antimikroba yang menjadikannya obat yang ideal melawan gangguan pencernaan. Bahkan jumlah vitamin B yang tinggi di daunnya membantu meningkatkan pencernaan.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Daun kelor kaya akan sumber kalsium dan fosfor. Kedua elemen ini dibutuhkan untuk kesehatan tulang yang baik. Karena daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi. Daun kelor dapat membantu memerangi radang sendi dan bahkan dapat menyembuhkan tulang yang rusak. Daun kelor juga dapat melawan osteoporosis dan menjaga tulang dan gigi tetap kuat.

7. Baik untuk kulit dan rambut

Karena kandungan antioksidan dan nutrisi yang melimpah, daun kelor meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dan rambut. Daun kelor dapat membuat kulit Anda lebih kenyal dan rambut Anda menjadi bersinar.

Antioksidan yang ada dalam daun kelor ini dapat mengurangi munculnya garis halus dan kerutan pada kulit, karena daun kelor memiliki sekitar 30 antioksidan. Tidak hanya itu, pasta daun kelor saat dioleskan ke kulit kepala dan rambut mengurangi ketombe, memperbaiki rambut yang kusam dan memperkuat folikel rambut.

Daun kelor juga bagus untuk kulit yang rentan berjerawat. Inilah mengapa daun kelor menjadi bagian dari banyak kosmetik, karena dapat memperbaiki warna kulit dan menambah kilau karena sifatnya yang memurnikan dan terapeutik.

Iklan