Tingkat Kepuasan Warga Rendah, Mulia Nasution Sarankan Ini ke Pemko Medan

Anggota Komisi I DPRD Medan, Mulia Syahputra Nasution.
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Kurang maksimalnya pelayanan publik yang muncul kepermukaan tidak hanya menjadi sorotan salah satu lembaga survei. Sorotan itu juga datang dari anggota Komisi I DPRD Medan, Mulia Syahputra Nasution.

Menurutnya, secara birokrasi hampir seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemko Medan belum bekerja secara maksimal, hal itu bisa dilihat dari anggaran Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) tahun lalu.

“Itu menunjukan kinerja OPD tidak baik, karena program-program tidak berjalan secara maksimal. Lalu persoalan pelayanan publik, kita bisa melihat dan merasakan bagaimana pelayanan kepada masyarakat sangat tidak baik. Misalnya dari hal pengurusan KK, e-KTP bahkan juga terkait bantuan-bantuan sosial ke masyarakat,” ungkapnya kepada Waspada Online, Selasa (20/10).

Oleh karenanya, politisi Partai Gerindra ini menitipkan pesan moral kepada calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan untuk periode mendatang agar membenahi oleh sistem birokrasinya agar lebih transparan.

“Untuk Wali Kota Medan yang baru, jangan lagi menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang tidak jelas. Wali Kota itu harus mampu manajerial OPD-nya untuk bekerja dengan baik melalui program-program yang memang harus terealisasi,” tandasnya.

iklan

Pada berita sebelumnya, lembaga survei Media Survei Nasional (Median) menyebut tingkat kepuasan masyarakat terhadap Pemko Medan sangat rendah. Dari dua pertanyaan terbuka perihal kelebihan dan kekurangan pemerintah yang ‘dilemparkan’ kepada 1000 responden yang tersebar di 21 kecamatan mencatat, total 31,9 persen kinerja yang dianggap berhasil menurut jawaban responden.

Adapun lima besar kinerja Pemerintah Kota Medan yang dianggap berhasil itu antara lain infrastruktur 6,4 persen, perbaikan jalan 5,2 persen, pembagian bantuan 4,5 persen, bantuan sembako 2,8 persen, dan kesehatan 2,6 persen.

Berikutnya dari data median yang memiliki margin eror 3,09 persen tersebut, ada 76,3 persen responden yang menjawab tidak puas dengan kinerja Pemko Medan.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan