TI Sumut Senang NPC Sumut Bina Para Taekwondoin

WOL Photo/Ari
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (TI) Sumatera Utara sangat menyambut baik pembentukan cabang olahraga taekwondo oleh National Paralympic Committee (NPC) Sumut yang terus membina para taekwondoin hingga ke level internasional.

Hal ini termasuk mempersiapkan atlet menuju ajang Paralimpiade yang menjadi ajang kompetisi olahraga tertinggi bagi atlet disabilitas. Ketua TI Sumut, Musa Rajekshah, mengapresiasi dan bangga atlet NPC Sumut dengan keterbatasan fisiknya masih terus berlatih demi meraih prestasi terbaik.

“Kami senang mendengarnya. Artinya, atlet kita meskipun tidak memiliki kesempurnaan fisik, bisa juga membina atlet taekwondo untuk berprestasi. Apalagi target mereka tidak hanya di event nasional, tapi sampai internasional,” ucap Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) saat menerima audiensi di Rumah Dinas, Jalan Teuku Daud Medan, Selasa (20/10).

Menurut Musa atau biasa disapa Ijeck, NPC Sumut harus diakui sangat membanggakan dalam segi prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Apalagi saat ini, 26 atlet Sumut memperkuat Indonesia di ASEAN Para Games 2021. Terkhusus di tingkat nasional, Sumut merupakan peringkat tiga besar di Peparnas 2016 lalu.

“Prestasi olahraga dari cabor binaan NPC Sumut kita harapkan ke depan lebih baik. Jika di periode lalu Sumut urutan tiga nasional, kita harapkan ke depan minimal mempertahankan peringkat ketiga. Kalau bisa lebih baik lagi,” ucap Ijeck.

iklan

Demi mendukung proses pembinaan atlet Paralimpik, Pengprov TI Sumut juga terus memberi dukungan dan sumbangsih, baik tenaga pelatih maupun perlengkapan latihan. Begitupun, Ijeck berharap Dispora Sumut bisa meningkatkan pemenuhan kebutuhan NPC mulai anggaran pembinaan, peralatan hingga lokasi latihan.

“Apalagi tahun 2024, kita menjadi tuan rumah penyelenggara PON bekerja sama dengan Provinsi Aceh,” kata Ijeck menambahkan diri siap menjadi Ketua Kontingen Sumut di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 di Papua.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting, mengaku masih ada sejumlah kendala dalam membina atlet taekwondo tahun ini, khususnya perlengkapan latihan. Apalagi selama ini pihaknya masih meminjam sejumlah peralatan dari PPLP Sumut.

“Apalagi kita punya target untuk jangka pendek merebut medali di Bahrain untuk U-20. Kita berharap atlet lain juga bisa lolos dan merebut medali juga di ASEAN Para Games,” kata Alan optimis.

Saat ini, NPC Sumut telah membina 10 atlet taekwondo, tiga di antaranya akan dipersiapkan menuju Youth Taekwondo Championship U-20 di Bahrain. Meski belum genap setahun, Alan menilai atlet sudah menunjukkan perkembangan baik selama latihan di bawah asuhan pelatih Basuki Nugroho. (wol/ari/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan