Tenang Liverpool, Fabinho Bisa Jadi Solusi Van Dijk

foto: twitter
Iklan

AMSTERDAM, Waspada.co.id – Liverpool bersusah payah meraih kemenangan di kandang Ajax Amsterdam dalam lanjutan fase grup Liga Champions di Johan Cruyff Arena, Kamis (22/10). Tim asuhan Jurgen Klopp menang tipis 1-0.

Bek Ajax Nicolas Tagliafico mencetak gol bunuh diri di menit 34 dan menjadi penentu tiga poin bagi The Reds. Terlepas gol bunuh diri tersebut, ada penampakan menarik kala Klopp memainkan Fabinho sebagai bek tengah.

Diketahui, Liverpool ditinggal Virgil van Dijk yang harus absen lama karena cedera ACL. Labilnya Joel Matip dan Joe Gomez memaksa Klopp memainkan Fabinho sebagai bek tengah. Beruntung, Gomez juga ikut tampil gemilang menggalang pertahanan Si Merah.

Kembali ke Fabinho, penampilan gemilang pemain asal Brazil yang berposisi asli sebagai gelandang itu turut memberi andil atas kemenangan Liverpool. Sapuan Fabinho tepat di garis gawang membuat Dusan Tadic frustrasi dan James Milner cs merasa bersyukur.

Penampilan lugas Fabinho itu membuahkan pujian dari James Milner. Menurutnya, Fabinho berhasil beradaptasi sebagai bek tengah. Soal penyelamatan di garis gawang, Milner menyebutnya sulit dipercaya.

iklan

“Dia adalah pemain top. Pemain top mampu beradaptasi dan dia sukses melakukannya. Dia pernah bermain di posisi itu dan bekerja dengan baik. Sebuah sapuan yang luar biasa!” tutur Milner.

Solidnya penampilan Fabinho juga membuat Klopp senang. Namun, masih ada sedikit evaluasi dari pelatih asal Jerman itu yang menginginkan mantan gelandang AS Monaco tersebut membangun kerja sama yang apik dengan Joe Gomez di lini pertahanan.

“Mereka harus saling membiasakan diri dan terbiasa dengan komunikasi verbal di posisi itu. Penampilan Fabinho cukup bagus, tetapi masih bisa ditingkatkan lagi,” ucap Klopp.

“Sangat penting menjaga gawang dari kebobolan. Sangat bodoh jika berpikir kami tidak membutuhkan sedikit keberuntungan karena Fabinho harus bermanuver demi menendang bola ke luar garis, lalu membentur tiang,” tutup pria asal Jerman tersebut. (wol/aa/liverpool/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan