Survei IPR: Ini Tiga Menteri Paling Memuaskan Publik

Menhan Prabowo Subianto. (AP Photo/Vincent Thian)
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Hasil survei yang dilakukan Indonesia Political Review (IPR) menyebutkan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja menteri Kabinet Jokow-Ma’ruf Amin secara umum di bawah 50%. Dari survei itu juga diketahui ada tiga menteri yang dinilai berkinerja paling memuaskan.

Ketiganya adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mendapatkan nilai 45,2%. Kemudian posisi kedua ada nama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan meraih 44,9% kepuasan publik. Ketiga, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memperoleh nilai 44,8%.

“Selain ketiga nama menteri itu, ada pula nama Jaksa Agung ST Burhanuddin yang mendapatkan 44,0% kepuasan publik, disusul Menko Polhukam Mahfud MD 43,7%, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian 43,0%, Menteri PUPR Basuki Hadimulyo 42,8%, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita 42,5% dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto 42,0%,” kata Direktur Eksekutif IPR, Ujang Komarudin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/10).

Selain para menteri, IPR juga melakukan survei untuk kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Hasilnya sebanyak 43,7% (gabungan sangat puas + puas) publik mengatakan puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Sementara 51,3% (gabungan tidak puas + sangat tidak puas) mengatakan tidak puas. Sisanya 5,0% mengaku tidak tahu/tidak jawab,” katanya.

Seperti diketahui bila survei ini dilakukan di 34 provinsi yang ada di Indonesia dan menggunakan Metode Multistage Random Sampling. Wawancara dilakukan pada 1-10 Oktober 2020 dengan cara telesurvei, yakni responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner. Adapun jumlah responden yakni sebanyak 1.000 orang dengan margin of error +/- 3.1% pada tingkat kepercayaan 95%.

iklan

Selain itu, survei nasional ini untuk mengetahui tingkat kepuasan publik terkait kinerja Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin selama satu tahun tersebut. Survei ini bermaksud mengukur dua hal isu utama yakni mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi- Ma’ruf Amin dan mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri Jokowi-Ma’ruf Amin. (wol/ari/sindo/data2)

Iklan