Sumut Gagal 10 Besar Penilaian Bahasa Indonesia di Media Cetak 2020

Ilustrasi WOL
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan Sastra, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengumumkan penilaian penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa Cetak Tahun 2020, Selasa (27/10).

Dari pengumuman tersebut, tiga teratas media cetak dengan penggunaan Bahasa Indonesia terbaik adalah Bisnis Indonesia (Jakarta), Republika (Jakarta), dan Pikiran Rakyat (Jawa Barat). Surat kabar asal Sumatera Utara hanya berada di posisi 30-50an.

Tribun Medan berada di peringkat ke-36 diikuti Sinar Indonesia Baru (43), Sumut Pos (45), Harian Analisa (50), dan Harian Waspada di urutan ke-56.

Fakta ini tentunya miris mengingat bahwa Kota Medan bisa dikatakan sebagai salah satu pelopor Bahasa Indonesia. Hal ini sesuai Keputusan Kongres Bahasa Indonesia II tahun 1954 di Medan, antara lain menyatakan bahwa Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu.

Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara, Maryanto, menilai penilaian seputar penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa Cetak Tahun 2020 tentunya sangat bergantung pada kriteria yang dibuat oleh penilainya.

iklan

“Berbeda kriteria akan berbeda pula keluarannya,” jelasnya saat dihubungi Waspada Online, Rabu (28/10).

Dirinya juga mengatakan Ihwal Kongres Bahasa Indonesia pada tahun 1954 benar adanya. Alasannya bahwa Medan merupakan daerah percontohan penggunaan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

“Hanya saja barangkali ada perbedaan Bahasa Indonesia sehari-hari dengan Bahasa Indonesia yang dimaksud dalam penilaian media massa tersebut. Untuk itu, saya berharap agar insan pers di Sumatera Utara tetaplah bersemangat,” jelasnya. (wol/ari/d2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan