Sofyan Tan Sambangi Latihan Atlet NPC Sumut

WOL Photo/Ari
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan, melakukan kunjungan ke Kantor National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara di kompleks Stadion Teladan Medan, Senin (5/10).

Selain memberi dukungan moril kepada para atlet, Sofyan Tan juga memantau kondisi peralatan yang digunakan atlet selama berlatih. Tercatat, ada cabor judo, bola voli, tenis meja, catur, atletik, dan angkat berat yang dilihat Sofyan Tan.

Usai meninjau jalannya latihan atlet di tengah pandemi Covid-19, Sofyan Tan menilai sudah saatnya perhatian olahraga tidak hanya ditujukan bagi atlet normal, tapi juga kepada atlet disabilitas.

Berkat kepedulian Kemenpora RI di bawah kepemimpinan Zainuddin Amali, yang menjadi kebutuhan atlet dalam mendukung proses latihan dapat terealisasi. Terutama bantuan peralatan latihan.

“Mereka ini kan membawa nama harum bangsa dan negara, sehingga perhatian pemerintah harus ada. Dalam UUD 1945, semua warga negara dijamin hak dan kewajibannya. Karena pembinaan atlet itu tidak boleh didiskriminasi. Semua harus mendapat hak yang sama. Kalau boleh dilebihi gitu,” kata Sofyan Tan.

iklan

Dirinya berkomitmen akan mengagendakan setiap tahun NPC Sumut harus mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Termasuk mengajak berbagai perusahaan dan stakeholder untuk bersedia menjadi bapak angkat untuk memfasilitasi peralatan latihan atlet.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting, mengapresiasi niat baik Sofyan Tan yang telah memperjuangkan atlet NPC Sumut mendapat fasilitas peralatan latihan dari Kemenpora.

Alan mengatakan saat ini NPC masih membutuhkan bantuan peralatan seperti kursi roda yang dinilai berpeluang banyak merebut medali di event nasional, seperti Peparnas 2021 di Papua.

“Saat ini kita baru punya kursi roda dua unit. Minimal kita harus punya lima kursi roda jika ingin maksimal meraih medali. Seperti di cabor judo, taekwondo, angkat berat dan sebagian atletik juga butuh bantuan peralatan,” tegasnya.

Usai meninjau latihan atlet, Sofyan Tan juga menyerahkan sumbangan pribadi berupa sembako kepada para atlet. Turut mendampingi Wakil Ketua NPC Sumut Mazrinal Nasution, Wakil Ketua Bidang Organisasi Erwin Yoesuf Nasution, Kabid Binpres NPC Sumut Rima, Bendahara Sulasmi serta Ketua STOK Bina Guna Medan Liliana Puspa Sari. (wol/ari/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan