Semangat Pelaku Pendidikan di Tengah Pandemi

WOL Photo/Ega Ibra
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Sekolah sebagai lembaga pendidikan melakukan evaluasi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar. Salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan adalah Penilaian Tengah Semester (PTS).

Untuk itulah, SMA Panca Budi Medan melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 beberapa waktu lalu. Adapun yang berbeda dalam pelaksanaan PTS kali ini, siswa melaksanakan PTS di rumah masing-masing dikarenakan situasi pandemi Covid-19.

Adapun tata cara PTS dengan menggunakan cara daring di mana siswa mengerjakannya soal-soal di rumah masing-masing. Pengerjaan oleh siswa sesuai jadwal penilaian yang telah ditentukan oleh pihak sekolah.

Lalu, para siswa yang telah menyelesaikan soal PTS, mengirimkan jawaban dengan cara foto hasil jawaban dan mengirimkannya kepada wali kelas masing-masing sebelum batas waktu ujian berakhir. Tujuan siswa diberikan batas waktu pengumpulan jawaban, tak lain agar mereka tetap menjaga kedisiplinan.

Evaluasi bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi oleh siswa dan efektivitas Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang telah dilakukan oleh sekolah selama masa pandemi ini. Evaluasi dapat membedakan siswa yang telah mencapai kompetensi. Bagi siswa yang belum mencapai kompetensi, mereka harus mengikuti remedial agar nilai minimum tercapai.

iklan

Wakil Kepala 1 SMA Panca Budi Medan, Lukmanul Hakim Sitompul SPd, juga mengajak semua pihak doa bersama agar masa pandemi segera berakhir dan situasinya dapat berjalan normal kembali, sehingga proses belajar tatap muka dapat dilaksanakan.

Sebelum pelaksanaan PTS, Tim Monitoring Cabang Dinas Pendidikan Medan Utara telah berkunjung ke SMA Panca Budi Medan. Kunjungan dihadiri oleh Kepala Seksi Cabang Dinas Pendidikan, Robinson Sitanggang ST MSi, yang disambut Kepala SMA Panca Budi Medan, Sugangsar SSi.

Kunjungan rutin ini dilakukan untuk memonitoring dan mengevaluasi sistem pembelajaran dan kebersihan selama masa pandemi Covid-19. SMA Panca Budi Medan adalah sekolah swasta pertama yang dikunjungi oleh Tim Monitoring Cabang Dinas Medan Utara. Ini merupakan kehormatan tersendiri bagi Perguruan Panca Budi Medan.

Adapun kegiatan yang dilakukan seperti memantau secara langsung proses pembelajaran daring oleh guru, melihat sistem pembelajaran e-Learning, sistem absensi guru menggunakan mesin finger print, mengunjungi ruang Data Center Perguruan Panca Budi yang berisi server e-Learning dan pusat data, memeriksa kebersihan ruang belajar siswa, toilet dan ruang guru.

Terkait hal ini, Kepala SMA Panca Budi Medan Sugangsar SSi mengatakan kegiatan ini secara keseluruhan berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun dan bersyukur atas hasil penilaian yang baik oleh tim monitoring. (wol/aa/d2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan