Salut! Hamilton Resmi Pemilik Kemenangan Terbanyak

Foto: twitter
Iklan

PORTIMAO, Waspada.co.id – Sah! Tampil sebagai juara GP Portugal, Lewis Hamilton mematahkan rekor Michael Schumacher dan menjadi pemilik kemenangan terbanyak di ajang Formula One (F1).

Di Algarve International Circuit, Minggu (25/10) malam, Hamilton start dari posisi terdepan dan jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finish. Pebalap Mercedes asal Inggris itu mencatat waktu 1 jam 29 menit 56.828 detik.

The Boss unggul 25,592 detik dari rekan setimnya, Valtteri Bottas. Posisi ketiga ditempati oleh pebalap Red Bull Racing asal Belanda, Max Verstappen. Meski jadi juara, Hamilton sempat kesulitan saat disalip Bottas yang juga dilewati oleh Carlos Sainz (McLaren).

Sayang, Sainz hanya memimpin enam lap dan Bottas mengambil alih pimpinan. Hamilton akhirnya menyalip Bottas di lap ke-20 dan terus melebarkan jarak hingga unggul 25 detik atas Bottas. Bagi Hamilton, ini kemenangan kedelapan musim ini.

Hamilton makin mantap di puncak klasemen pebalap dengan 256 poin atau selisih 77 poin atas Bottas dan kian di ambang keberhasilan mempertahankan gelar juara. Dengan hasil ini, Hamilton mematahkan rekor jumlah kemenangan terbanyak di F1 yang sebelumnya dipegang oleh legenda F1, Michael Schumacher (91).

iklan

Layaknya hasil lomba, Verstappen juga berada di peringkat ketiga klasemen dengan raihan 162 poin. Daniel Ricciardo (Renault) mencatat 80 angka dan Charles Leclerc (Ferrari) melengkapi posisi lima besar dengan mengantongi 75 poin.

Uniknya, Hamilton menjadi juara dan naik podium dalam kondisi kram. Ternyata, legenda balap asal Inggris tersebut juga menahan rasa sakit sepanjang lomba berjalan. Sang pebalap pun mengaku amat kesakitan saat di atas podium.

“Meski hanya balapan mobil, Anda tahu ini olahraga yang menuntut fisik prima. Sakitnya bukan main, tapi saya mampu mengatasinya karena termotivasi meraih kemenangan. Soal rekor ini, saya masih bingung menggambarkan perasaan luar biasa ini,” tuturnya.(wol/aa/autosport/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan