Pengaruh Lampu Terhadap kesehatan Tubuh

Istimewa
Iklan

Waspada.co.id – Tahukah Anda bahwa LED dapat membantu meningkatkan kualitas hidup Anda? Namun dimana sisi lainnya jika salah melakukan pemilihan, maka dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada penglihatan.

Maka dari itu seorang perancang sistem pencahayaan, pengguna, atau pemasang, harus tahu bagaimana menerapkan penerangan ini. Karena ketika bicara soal bohlam LED hemat energi ini bukan melulu soal efisiensi. Tapi mempelajari fitur apa saja yang harus disertakan dalam sistem pencahayaan LED, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan agar tidak membahayakan kesehatan Anda atau keluarga.

Berikut ini adalah beberapa tips dan parameter yang dapat kami berikan, agar Anda dapat untuk mengatur lampu bohlam yang baik, dan tidak mengambil risiko.

Parameter cahaya apa yang dapat mempengaruhi kesehatan kita?

1. Intensitas cahaya menghangatkan mata

iklan

Bicara pengaruh intensitas lampu LED maka dapat dikatakan jenis penerangan dengan teknologi terbaru ini, tidak menghasilkan efek panas pada mata. Apalagi jika lampu bohlam tersebut memiliki fitur eyecare yang mampu melindungi mata. Hal ini sangat baik untuk para pekerja yang sehari-harinya bekerja di belakang meja.

Namun pemilihan bohlam yang kurang tepat berpotensi berbahaya seperti fotofobia, dimana kondisi mata sakit saat melihat cahaya terang, hingga mengakibatkan migrain.

2. Warna Lampu

Terkait warna lampu, maka menggunakan penerangan yang tepat di malam hari seperti kekuningan dapat memberi reaksi hormonal tubuh terhadap jam biologis.

Hal ini sendiri memengaruhi kognisi, tekanan darah, sistem kekebalan, metabolisme, dan mengontrol siklus tidur / bangun kita.

Sedangkan cahaya biru dari layar komputer, ponsel, tablet, dan layar televisi, memberi sinyal kepada tubuh bahwa sudah waktunya untuk waspada dan bangun, yang tidak menjadi masalah di siang hari ketika Anda perlu fokus dan produktif. Namun, pada malam hari, ini bisa menjadi masalah yang lebih besar karena menekan melatonin dan mengganggu tidur. Selain itu ini juga berdampak negatif pada kadar lemak tubuh, fungsi otak, resistensi insulin, dan bahkan dapat mengganggu nafsu makan kita.

Sederhananya “Cahaya adalah agen sinkronisasi terpenting untuk otak dan tubuh. Itulah mengapa memperhatikan dan memahami jenis cahaya yang mengelilingi diri Anda setiap hari adalah bagian penting dari perasaan bahagia dan sehat. Berikut adalah rekomendasi lampu yang baik untuk kesehatan.

Rekomendasi Brand Lampu LED

Pertama ada brand lokal Krisbow, yang sudah ada sejak tahun 1998 dan tidak perlu lagi diragukan lagi kualitasnya. Merupakan salah satu merek dagang dari Kawan Lama, yang menyediakan penerangan secara maksimal untuk penggunanya.

Selanjutnya ada Eglo, yang mencintai simplicity dan menonjolkan desain pada setiap produknya. Merk ini sudah ada sejak 1969, dan mampu membuat siapa saja jatuh hati dengan design yang mereka miliki. Brand lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Eglare, brand lokal yang menonjolkan sisi elegan di setiap produknya, dan dimana kehadirannya mampu meningkatkan mood bagi penggunanya. Cocok sebagai penerangan maupun dekorasi.

Rekomendasi lainnya yang merupakan buatan anak bangsa, adalah Kris. Hadir dengan keunggulan seperti ramah lingkungan, mampu menghemat data hingga 80%, dan memiliki warna yang lembut di mata.

KRIS yang juga buatan lokal, namun berkualitas tinggi. Hadir dengan penerangan dengan daya rendah, dan warna yang lembut di mata. Keunggulan lainnya lampu ini juga ramah lingkungan , sehingga dapat menghemat energi hingga 80%.

Nah, itulah tips dan rekomendasi yang dapat kami berikan. Jika ingin mengetahui lebih banyak lagi Anda bisa mengunjungi ACE Online yang menyediakan aneka penerangan dengan kualitas terbaik.(wol/rls/data3)

Iklan