Objek Wisata Gunung Sibayak Ditutup Sementara

WOL Photo/Ist
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan menutup sementara Objek Wisata Gunung Sibayak. Hal itu disebabkan pasca penampakan Harimau Sumatera di perlintasan menuju pos Gunung Sibayak, Kamis (15/10).

Dikatakan, jalur pendakian objek wisata gunung sibayak ditutup sementara. Namun hanya jalur utama saja yang ditutup.

“Jalan pendakian ke Sibayak inikan banyak jalan tikusnya, Jadi kita jaga jalan utamanya. dari Jalan Semangat Gunung sampai naik ke atas,” kata Kepala UPT Tahura Ramlan Barus saat dikonfirmasi Waspada Online, Jumat (16/10).

Lebih lanjut Ramlan mengatakan, Pihaknya saat ini sudah memperketat penjagaan disetiap pos pendakian agar para pengunjung tidak nekat tetap naik ke Gunung Sibayak.

Baca Juga: Ada Penampakan Harimau di Hutan Sibayak

iklan

“Kita juga sudah membuat surat dan sosialisasi kepada para penduduk desa yang berada di wilayah tersebut, agar sementara menunda memasuki hutan yang diduga menjadi habitat satwa dilindungi itu,” ungkapnya.

Terkait penutupan sementara pendakian Gunung Sinabung, Pihak UPT Tahura menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Balai Konserpasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Wildlife Conservatiaon Society (WCS) sampai situasi kondusif.

Selain itu, Ramlan juga menghimbau kepada seluruh pengunjung wisatawan yang ingin menaiki Gunung Sibayak agar di menunda sampai situasi kondusif.

“Kepada rekan rekan pecinta alam untuk menunda dulu sampai situasi kondusif, Kepada masyarakat yang mau masuk ke hutan, khususnya pendakian gunung sibayak, ditunda dulu sampai situasi aman terkendali. Agar konflik antara manusia dan satwa liar bisa kita hindari,” pungkasnya. (wol/man/data2)

Iklan