Libur Panjang, Wisatawan Diminta Jauhi Zona Berbahaya Gunung Sinabung

WOL Photo
Iklan

KABANJAHE, Waspada.co.id – Menjelang libur panjang cuti bersama yang berkenaan pada tanggal 28-30 Oktober 2020 diprediksi sejumlah destinasi wisata puncak akan menjadi sasaran pengunjung.

Di Wilayah Sumatera Utara, Berastagi merupakan salah satu tempat yang kerap kali diminati pengunjung saat libur, baik itu akhir pekan maupun libur panjang.

Mengantisipasi hal tersebut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau kepada para wisatawan yang akan berlibur untuk tidak mendatangi lokasi yang berada di kaki Gunung Sinabung.

Pasalnya, sejak 25 Oktober Gunung Sinabung menyemburkan awan panas. Sampai saat ini kondisi Gunung Sinabung masih dalam status level 3 atau siaga.

Demikian dikatakan Staf pos pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra, saat dikonfirmasi Waspada Online melalui telepon seluler Rabu (28/10).

iklan

“Untuk destinasi wisata yang dilarang dimasuki adalah Lau Kawar. Karena lokasinya berada di kaki Gunung Sinabung, jadi wilayah tersebut masuk dalam zona berbahaya,” katanya.

Disebutkan, saat ini masyarakat dan pengunjung diimbau menjauhi zona merah dengan jarak radius 5 km ke arah sektor Timur Tenggara, dan 4 Km ke arah Timur Utara dari Puncak Gunung Sinabung.

“Untuk wilayah Berastagi dan sekitarnya saat ini masih terpantau aman. Namun, masyarakat di minta untuk tetap waspada. karena saat ini Gunung Api Sinabung masih berpotensi mengeluarkan abu vulkanik,” sebutnya.

“Pengunjung dan Masyarakat di minta untuk tetap menggunakan masker saat berada di luar ruangan dikhawatirkan terjadinya abu vulkanik,” pungkasnya. (wol/man/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan