LCC Daring Tingkatkan Prestasi dan Wawasan Siswa

WOL Photo
Iklan

LIMAPULUH, Waspada.co.id – Bupati Batubara, Ir Zahir MAP, mengatakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Daring didasari rujukan dari Keputusan Presiden RI No 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung dan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No 5811/D/HK/2019 tentang Simpanan Pelajar.

“Kegiatan ini sekaligus mengingatkan saya ke belakang beberapa tahun lalu,” kata Zahir dalam sambutannya yang disampaikan Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus pada pembukaan LCC Daring di UPTD SMP Negeri 1 Limapuluh, Kabupaten Batubara, Rabu (21/10).

Menurut Ilyas, kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat memfasilitasi proses pembelajaran daring dan luring. Karenanya, Bupati Batubara memberi apresiasi atas kerja sama dan dukungan PT Bank Sumut sehingga kegiatan LCC Daring ini dapat terlaksana.

Disebutkan, kegiatan ini juga salah satu perhatian dari OJK Sumatera Utara serta program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Batubara dan Provinsi Sumatera Utara. Ke depan, Ilyas berharap LCC Daring tingkat SMP se Kabupaten Batubara tahun 2020 dengan tema “Meningkatkan Prestasi dan Wawasan Literasi Keuangan Di Masa Pandemi Covid-19” diperluas dengan melibatkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Sumut.

Mewakili pimpinan PT Bank Sumut, Muhammad Zaini menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Batubara dalam hal ini Dinas Pendidikan dan jajarannya. Zaini menambahkan bahwa Kabupaten Batubara merupakan satu-satunya daerah di Sumut yang melaksanakan LCC Daring tersebut.

iklan

“Literasi keuangan memiliki tujuan jangka panjang bagi seluruh golongan masyarakat, termasuk pelajar. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan literasi pelajar yang sebelumnya kurang menjadi melek serta mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini produk layanan jasa keuangan dapat meningkatkan kesejahteraannya,” ungkap Kacab PT Bank Sumut Limapuluh tersebut.

Ketua Panitia yang juga Ketua MKKS SMP, Tobok Situmorang, mengatakan kegiatan LCC ini dilakukan berjenjang dari 54 SMP negeri dan swasta hingga terdapat 12 sekolah sebagai perwakilan masing-masing kecamatan. Materi lomba meliputi IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris serta literasi keuangan.

“Final akan dilaksanakan pada 27 Oktober mendatang via aplikasi zoom, sehingga dapat disaksikan oleh banyak orang,” sebut Tobok. (wol/aa/d2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan