Jokowi Ingin Gandeng Ormas Keagamaan Komunikasikan Vaksin Corona

Presiden RI, Joko Widodo (Foto: MNC Media)
Iklan
agregasi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya menggodok strategi komunikasi vaksin Covid-19 agar tidak timbul disinformasi di masyarakat. Salah satu strategi yang digunakan pemerintah terkait vaksin yakni menggandeng sejumlah ormas keagamaan.

“Ini penting sekali strategi komunikasi publiknya disiapkan dengan baik,” ucap Jokowi dalam rapat terbatas Pengadaan dan Pelaksanaan Vaksinasi secara virtual, Senin (26/10/2020).

Tim komunikasi dari Menteri BUMN Erick Thohir dibackup dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) harus mampu mengomunikasikan manfaat dan peta jalan pelaksanaan vaksinasi kepada publik.

“Saya minta ini timnya Pak Menteri BUMN disiapkan lagi mengenai strategi komunikasi ini, dibackup, dibantu oleh Kominfo, dijelaskan secara komprehensif kepada publik mengenai manfaat vaksin dan peta Jalan pelaksanaan vaksinasi, sehingga tidak terjadi disinformasi dan penyebaran berita hoax dari berbagai platform di media yang ada,” tutur Jokowi.

Strategi lainnya yakni Jokowi memerintahkan jajarannya menggandeng ormas keagamaan terkait pemberian penjelasan kepada publik mengenai manfaat vaksin Covid-19 beserta aspek kehalalannya.

iklan

“Kita libatkan dari awal majelis dan organisasi keagamaan. MUI, NU, Muhammadiyah, dan ormas-ormas yang lainnya terutama dalam menjelaskan soal manfaat vaksin dan meyakinkan kepada umat mengenai kehalalan dari vaksin,” pungkas Jokowi.

Iklan