Ijeck Semangati Pemuda Sumut Terus Berkarya

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Setiap zaman memiliki tantangan berbeda. Jika dulu tantangan pemuda melawan penjajah, sekarang lebih kompleks dengan kondisi pandemi Covid-19. Namun hambatan-hambatan diharapkan tidak jadi penghalang berkarya dan berprestasi. Malahan pemuda harus tampil sebagai pembawa solusi bagi kondisi sekarang.

Harapan ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) Dr Hj R Sabrina usai mengikuti Puncak Peringatan Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020 sekaligus Peresmian TVRI Stasiun Papua Barat secara virtual dari Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Rabu (28/10).

“Perjalanan sejarah membuktikan bahwa pemuda selalu memiliki peran dalam peristiwa-peristiwa penting di negara kita. Semoga semangat Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan sejak 92 tahun lalu senantiasa menggema. Khususnya pemuda Sumut di seluruh kabupaten/kota, anak daerah juga harus berprestasi tak hanya tingkat nasional tetapi juga internasional,” ujar Wagub memotivasi.

Lebih lanjut, Wagub atau biasa disapa Ijeck juga menyinggung pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang semangat persatuan dan kerja sama yang harus terus dipelihara. Indonesia sebagai negara yang multikultural tentu senantiasa bersinggungan dengan perbedaan dalam kehidupan sehari-hari.

“Namun, seperti pesan Bapak Presiden, sebagai warga negara Indonesia, kita semua harus bekerja sama dan merawat keberagaman dengan menjunjung semangat persatuan, toleransi, dan solidaritas. Dengan demikian, cita-cita menuju Indonesia maju bisa terwujud,” katanya.

iklan

Di Sumut, Wagubsu dan Sekdaprovsu menyerahkan piagam penghargaan dan tali asih kepada delapan Pemuda Pelopor Sumut Tahun 2020. Mereka adalah Ckardo Heryanto Gultom dari Samosir (pangan), Ridho Affandi dari Langkat dan Fahrurozi dari Labuhanbatu Utara (inovasi teknologi), Liften Sitanggang dari Samosir dan Sayyidina Akbar dari Labura (pendidikan), Alriko Siahaan dari Samosir, Nurlaila Syahfitri Aruan dari Labura, dan Indra Gunawan dari Sergai (sosial budaya dan agama).

Presiden Jokowi menyampaikan pesan kepada seluruh pemuda di Indonesia untuk tetap menjaga semangat Sumpah Pemuda yang telah berlangsung selama 92 tahun. Arus globalisasi yang sarat dengan persaingan antarindividu dan negara menghadapkan pemuda dengan berbagai paparan energi negatif.

“Namun, peringatan Sumpah Pemuda ini menjadi energi positif yang harus senantiasa dirawat oleh pemuda. Lahir dari persatuan para pemuda di masa lalu yang mengesampingkan perbedaan suku, agama, bahasa demi persatuan NKRI. Kita semua harus bekerja sama merawat persatuan,” pesan Jokowi.

Jokowi juga meresmikan Stasiun TVRI Papua Barat dengan menandatangani prasasti sebagai salah satu bukti keseriusan pemerintah mewujudkan pemerataan akses informasi. Stasiun TVRI Papua Barat pun diharapkan mampu melayani masyarakat dalam memberi informasi berkualitas dan sarana mengetahui perkembangan di berbagai wilayah Indonesia hingga dunia. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan