HIGHLIGHT Ragam Sepekan: Kesepian Picu Diabetes Hingga Fenomena Alam La Nina

Ilustrasi (ist)
Iklan

MEDAN, Waspada.co.idWaspada Online merangkum berita bertajuk ragam dan teknologi yang menjadi perhatian pembaca selama sepekan, berikut rangkumannya:

1. Hati-hati, Kesepian Bisa Picu Risiko Diabetes Tipe-2

Waspada.co.id – Faktor genetik dan gaya hidup jadi dua faktor utama penyebab diabetes tipe-2. Namun, studi teranyar menemukan penyebab baru yang diduga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologia menemukan bahwa komponen sosial turut berkontribusi pada peningkatan risiko diabetes. Secara khusus, kesepian ditemukan meningkatkan kemungkinan seseorang terkena diabetes tipe-2.

Dalam studi tersebut, peneliti mengikutsertakan 4 ribu orang dewasa sehat. Peneliti bertanya tentang seberapa besar tingkat kesepian para peserta dilihat dari keberadaan sahabat, perasaan tersisih, atau perasaan terisolasi dari orang lain.

iklan

Baca selengkapnya

2. Biaya Perbaikan Layar iPhone 12 Tembus Rp4 Juta, Ini Alasannya

Waspada.co.id – iPhone kerap dianggap jadi smartphone dengan harga cukup mahal. Tidak heran bila pengguna seringkali menerapkan pengamanan ekstra agar perangkat tidak lecet ataupun pecah, misalnya dengan menggunakan casing.

Hal lain yang membuat pengguna menerapkan perlindungan ekstra karena saat iPhone mengalami kerusakan mereka harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk biaya perbaikan, termasuk untuk memperbaiki iPhone 12.

Informasi ini berdasarkan pada pengumuman Apple mengenai dukungan perbaikan yang diunggah di lamannya.

Baca selengkapnya

3. Ini Perbedaan Fenomena Alam El Nino dan La Nina

Waspada.co.id – Fenomena alam La Nina tengah berkembang. Ini berdasarkan hasil pemantauan iklim global di Samudera Pasifik Ekuator.

Fenomena La Nina diprediksi akan memberikan pengaruh terhadap wilayah Indonesia, salah satunya meningkatkan curah hujan. Selain La Nina, Anda mungkin pernah mendengar fenomena El Nino. Tahukah Anda perbedaan La Nina dan El Nino?

Dikutip dari website BMKG, La Nina merupakan fenomena yang berkebalikan dengan El Nino. Ketika La Nina terjadi, Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya.

Baca selengkapnya

(wol/ega/d2)

Iklan