Gunung Sinabung Semburkan Awan Panas Sejauh 2.500 Meter

WOL Photo/Ega
Iklan

KABANJAHE, Waspada.co.id – Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, kembali mengeluarkan awan panas sejauh 2.500 meter pada Minggu dini hari.

Hal tersebut disampaikan Penjaga pos Gunung Sinabung PVMBG, Armen Putra kepada Waspada Online saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Senin (26/10).

“Saat ini awan panas tersebut mengarah ke Timur Tenggara tepatnya ke arah Desa Sukanalu Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo,” katanya.

Lebih lanjut Armen meyebutkan, Semburan
awan panas tersebut disebabkan terbentuknya kubah lava yang berada di puncak Gunung Sinabung.

“Arah awan panasnya mengarah ke Timur Tenggara Puncak Gunung Sinabung tepatnya ke arah Desa Sukanalu. Sampai saat ini awan panas yang ditimbulkan belum sampai ke permukiman warga,” ungkapnya.

iklan

Sebelumnya, Gunung Sinabung mengeluarkan awan panas pada hari minggu pukul 12.51 WIB dengan ketinggian permukaan 1.500 Meter.

Saat ini kondisi Sinabung masih dalam status level 3 siaga. “Kita mengimbau agar masyarakat dan wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang direlokasi. Jika terjadi hujan abu diimbau untuk memakai masker, amankan sarana air bersih,” pungkasnya. (wol/man/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan