Gol Kemenangan Vinicius Undang Kontroversi

foto: realmadrid
Iklan

MADRID, Waspada.co.id – Real Madrid hrus bersusah payah untuk memetik kemenangan atas Real Valladolid dalam lanjutan La Liga Spanyol yang dimainkan di Estadio Alfredo di Stefano, Kamis (1/10). Madrid menang tipis 1-0 berkat gol Vinicius Junior.

Menjamu Valladolid, Madrid memang tampil dominan. Namun, serangan demi serangan yang dibangun Luka Modric cs gagal membuahkan gol. Butuh daya gedor tambahan, Zinedine Zidane memasukkan Vinicius, Marco Asensio, dan Dani Carvajal menggantikan Luka Jovic, Isco, dan Alvaro Odriozola.

Keputusan itu terbukti tepat karena Vinicius mencetak gol di menit 65. Hanya saja, gol tersebut mengundang kontroversi. Pasalnya, striker asal Brazil itu berada dalam posisi offside di belakang para pemain belakang Valladolid.

Saat itu, Federico Valverde melepas umpan pada Karim Benzema. Lalu, terjadi kemelut dan bola mengarah ke Vinicius. Saat menerima bola, Vinicius berada dalam posisi offside. Namun, gol ini dianggap sah.

Sebab, sentuhan terakhir pada bola tidak dilakukan Benzema. Pakar wasit La Liga, Juan Andujar Oliver, menilai gol Vinicius sah. Meski dalam posisi offside, aturan menyatakan tidak demikian dan gol sah.

iklan

“Walau posisi pemain Brazil itu offside, sentuhan terakhir bola datang dari lawan, tepatnya Bruno (Gonzalez), yang memungkinkan penyerang itu mencetak gol,” kata Oliver.

Dengan hasil ini, Madrid naik ke posisi tiga sementara klasemen La Liga Spanyol dengan tujuh poin dari tiga pertandingan. Di atas Madrid masih ada Getafe dan Valencia yang juga mengemas tujuh angka. (wol/aa/marca/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan