‘Fotokopi Online’ Juara Lomba Video Inovasi Adaptasi Baru Balitbang

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Video dengan judul ‘Fotokopi Online’ berhasil menjadi juara pertama kategori umum pada Lomba Video Inovasi Tatanan Kehidupan Baru pada Masa Pandemi Covid-19.

Putri Herliana, kreator video inovasi ini, berharap ide ini bisa diimplementasikan secara luas. Ide ini muncul usai Herliana melihat permasalahan saat pandemi Covid-19, terutama ketika pendapatan usaha fotokopinya menurun drastis. Hal ini terjadi karena lembaga pendidikan menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar daring.

Saat ini, aplikasi Fotokopi Online masih berupa prototype. Herliana pun berharap ide ini bisa diimplementasikan secara luas, sehingga bisa membantu pengusaha fotokopi, membantu pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan serta mempermudah pekerjaan masyarakat.

“Kita ingin ini tidak hanya sebatas ide saja. Untuk implementasikannya tentu kita butuh kerja sama dengan instansi pemerintah, seperti Disperindag dan dinas terkait lainnya,” kata Herliana, dosen IT di Universitas Harapan Medan, Rabu (30/9).

Mirip dengan aplikasi pesan online makanan, Fotokopi Online juga aplikasi berbasis smartphone. Bedanya, pengguna perlu mengunggah dokumen yang ingin difotokopi dan memilih tempat fotokopi terdekat dengan lokasi. Pengguna juga bisa memilih mengambil dokumen yang difotokopi atau diantar ke lokasi pengguna.

iklan

Juara kedua kategori umum dimenangkan dimenangkan Akyar Lubis (Transformasi Digital Sekolah Melalui PJJ dengan Internet Offline), juara ketiga Nur Alamsyah (Inovasi Media Pembelajaran Teknologi Augmented Reality). Juara harapan diraih Firdaus Tanjung, Roscahayati Ritonga, dan Ikhwanuddin, sedangkan juara favorit Yustry Meliani Meliala.

Kategori instansi, juara pertama dimenangkan oleh Disdukcapil Pemkab Deliserdang, juara kedua SMKN 1 Dolok Masihul dan ketiga Dinas Koperasi Koperasi dan UKM Sumut. Juara harapan dimenangkan oleh Diskominfo Pemko Binjai.

Juara pertama masing-masing kategori mendapatkan hadiah pembinaan Rp15 juta, juara kedua Rp12 juta, dan ketiga Rp9 juta. Sementara itu, harapan I, II, III kategori umum (berurutan) Rp7 juta, Rp6 juta dan Rp5 juta, dan pemenang favorit Rp3 juta.

“Selamat kepada semua pemenang, ide-ide kreatif ini kita harapkan bisa dilanjutkan sehingga menghadapi pandemi tetap produktif dan disiplin protokol kesehatan. Inovasi bagian penting melawan Covid-19, tetapi itu juga dibarengi teknologi dan SDM andal,” kata Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA, Agus Tripriyono.

Kadis Komunikasi dan Informatika Sumut, Irman Oemar, berharap ide-ide kreatif ini bisa terus dilanjutkan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat selama pandemi. Irman, mantan Kepala Balitbang, mengatakan ide-ide ini akan menjadi masukan kepada pemerintah dalam tatanan kehidupan baru di masa pandemi. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan