Dinsos Sumut Rekomendasi 25 Warga Korban Covid-19 Disantuni

Foto: Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara (Istimewa)
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara merekomendasikan sekitar 25 data warga kepada Kementerian Sosial untuk mendapatkan santunan korban Covid-19 senilai Rp15 juta.

Demikian dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Jaminan Sosial, Marmin Muliana, kepada Waspada Online saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Selasa (27/10).

“Sekitar 25 data warga penerima santunan korban meninggal akibat Covid-19 yang dikirim ke Jakarta. Sedangkan lainnya masih terkendala, semisal karena ada beberapa yang penyebab kematiannya masih gejala Covid-19, jadi tidak mungkin kami terima,” katanya.

Lebih lanjut, Marmin menjelaskan data yang masuk ke Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara sekitar 50 orang. Akan tetapi untuk 25 orang lainnya sampai saat ini masih dilakukan verifikasi dan validasi data sebelum dikirim ke Jakarta.

“Kendalanya sampai sekarang itu, foto atau dokumentasi dari ahli waris yang kurang jelas. Surat keterangan dari kabupaten/kota juga banyak yang belum ada,” ungkapnya.

iklan

Selain itu, Marmin juga menerangkan perihal pemberian rekomendasi untuk bantuan tersebut perlu memastikan syarat tertentu.

“Kita harus memastikan apakah itu betul terpapar Covid, ahli warisnya, nomor rekening, dan sebagainya. Caranya pertama kami melihat surat kematiannya dari pihak rumah sakit, nomor rekening dari ahli waris, kartu keluarganya serta lainnya,” ujarnya.

Sampai saat ini, Dinsos Sumut juga belum mengetahui apakah pencairannya sudah terealisasi atau belum, sebab Kementerian Sosial yang langsung berkomunikasi ke ahli waris.

“Itu kan pencairannya langsung ke rekening ahli waris, jadi kita sampai saat ini belum tahu ada yang cair atau tidak. Lalu, untuk kuota penerima bantuan santunan masih belum ada dibatasi,” tutupnya.(wol/aa/man/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan