Dana Santunan Covid-19 Belum Cair, Ini Kata Dinsos Sumut

Chairin, Seketaris Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara. (WOL Photo/Iman)
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Dana santunan senilai Rp15 juta untuk ahli waris korban terpapar Covid-19 masih belum cair. Pasalnya, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumut hanya bisa mengeluarkan rekomendasi.

Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Sosial Sumatera Utara, Chairin, kepada Waspada Online, Selasa (27/10).

“Sebenarnya sudah ada standar operasional ataupun mekanisme yang dibuat. Kadang-kadang masyarakat mau instan saja. Sementara prosedurnya kan bukan kita, yang buat melainkan dari kementerian,” katanya.

Chairin menyebutkan, sampai saat ini belum menemukan kendala yang signifikan dalam proses pendataan ahli waris korban Covid-19.

“Dinas Sosial Sumut masih mengurus surat-surat dari Dinsos Kota Medan terhadap warganya yang meninggal karena Covid-19. Setelah kita terima, baru disiapkan rekomendasi untuk diberikan ke Kemensos,” sebutnya.

iklan

Lebih lanjut, Chairin mengimbau Dinas Sosial di kabupaten/kota agar selalu hati-hati dalam melakukan pendataan calon penerima bantuan tersebut.

“Sebelum memberikan surat ke Dinas Sosial provinsi harus dicek dulu apakah data ahli warisnya terdata di Satgas Covid-19 dan rumah sakit yang bersangkutan. Minimal dari dua itu yang tercatat apa betul demikian,” ungkapnya.

Selain itu, Chairin juga menuturkan kepada warga sudah ada yang mendaftar untuk bersabar, sebab terkait pencairannya masih belum diketahui.

“Dinas Sosial Sumut hanya bertugas untuk memberi edukasi dan sosialisasi. Sementara itu, mekanisme pencairan nanti dari pihak pusat yang bertugas langsung menghubungi ahli waris,” pungkasnya. (wol/aa/man/d2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan