Bertemu Menhan AS di Pentagon, Prabowo Bahas Banyak Hal

foto: antara
Iklan

WASHINGTON, Waspada.co.id – Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mark Esper, di Pentagon, Jumat (16/10) waktu setempat atau Sabtu (17/10) WIB. Hal tersebut disampaikan oleh Jonathan Hoffman, juru bicara utama Departemen Pertahanan.

Hoffman mengingatkan bahwa pertemuan langsung Esper sebelumnya dengan Prabowo pada forum Pertemuan Menteri-Menteri Pertahanan ASEAN-Plus di Thailand pada 2019. Kedua menteri juga telah berbicara melalui telepon dalam berbagai kesempatan tahun ini.

Dalam percakapan tersebut, Esper dan Prabowo membicarakan pentingnya hubungan pertahanan bilateral. Keduanya juga membahas berbagai peluang untuk lebih memperdalam hubungan itu melalui perdagangan alat pertahanan, dialog antara militer kedua negara, pendidikan militer profesional, dan peningkatan kerja sama dalam isu-isu regional.

“Pemerintah AS dan Departemen Pertahanan mementingkan kemitraan kami dengan Indonesia, yang dengannya kami berbagi nilai-nilai demokrasi, hubungan ekonomi dan antarorang yang kuat, serta kepentingan bersama dalam tatanan berbasis peraturan di Asia Tenggara,” jelas Hoffman, Sabtu (17/10).

Mengenai Hak Asasi Manusia (HAM), lanjut Hoffman, Menteri Pertahanan Amerika mengemukakan tentang pentingnya menghormati HAM, menjunjung supremasi hukum serta standar profesionalisme yang tinggi, dalam percakapan dengan sejawat-sejawatnya di seluruh dunia.

iklan

“Ini adalah prinsip-prinsip penting dalam membangun hubungan pertahanan bilateral dengan mitra manapun. Indonesia, tidak berbeda,” jelasnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa dalam pertemuan dengan Prabowo, Menteri Pertahanan Esper berharap dapat memajukan hubungan pertahanan bilateral serta kepentingan keamanan bersama. (wol/ari/okz/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan