Beriman Trendi Kembangkan UMKM Berkearifan Lokal

WOL Photo
Iklan

SIPISPIS, Waspada.co.id – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Ir H Soekirman dan Tengku Muhammad Ryan Novandi, serius mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berkearifan lokal.

Tengku Ryan mengatakan pasangan Beriman Trendi komit untuk lebih memajukan UMKM, salah satunya produk kerajinan tenun ulos tradisional seperti di Desa Rimbun, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai.

“UMKM yang berkearifan lokal, seperti kerajinan tenun ulos ini, harus kita perhatikan dan kembangkan ke depan,” ucap Tengku Ryan ketika mengunjungi dan berdialog dengan para perajin tenun ulos di Desa Rimbun, Senin (19/10).

Disebutkan, bahwa pasangan Beriman Trendi memiliki misi ke depan untuk memaksimalkan lahirnya pelaku industri kreatif dan pelaku UMKM yang tangguh dan berkualitas. Ke depan, keluhan perajin tenun ulos tradisional seperti kekurangan alat tenun (cucak) untuk mengembangkan usaha nantinya akan dapat teratasi.

“Kami tidak memberi janji, tapi Beriman Trendi memberi bukti. Untuk itu, kami berharap doa dan restu seluruh masyarakat Sergai, khususnya perajin tenun ulos di Desa Rimbun ini,” ujar Ryan lagi.

iklan

Di ‘Tanah Bertuah Negeri Beradat’ Serdang Bedagai ini, lanjut Ryan, UMKM berkearifan lokal banyak ditemui, baik produk kerajinan maupun makanan. Selain tenun ulos, produk kerajinan ada juga anyaman, kulit kerang, dan lainnya untuk aneka suvenir. Produk makanan ada gula merah dan dodol.

“Kelompok-kelompok UMKM di Sergai ini akan kita beri sertifikasi dan standarisasi serta membangun pasar UMKM yang modern,” cetus calon Wakil Bupati tersebut.

Para perajin yang ditemui pun menaruh harapan besar kepada Soekirman-Tengku Ryan. Mereka berharap Tengku Ryan bisa kembali datang mengunjungi perajin tenun ulos di Desa Rimbun jika terpilih pada Pilkada Serentak, 9 Desember mendatang.

Menjawab keinginan para perajin, Tengku Ryan menyebutkan akan kembali datang bersilaturahim di Sipispis ini. “Insya Allah, kami akan kembali berkunjung,” ucapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Ryan berkesempatan tatap muka dengan warga di Desa Rimbun, Desa Marjanji, dan Desa Tinokkah. Masyarakat, khususnya emak-emak, mengaku senang dan gembira bisa langsung bertatap muka dengan Tengku Ryan. Mereka pun mengambil moment untuk berswafoto.

“Selama ini kami melihat Tengku Ryan dari baleho saja. Hari ini Tengku Ryan ada di hadapan kami,” ucap Mak Noni, warga Sipispis dengan wajah berseri-seri. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan