Warga Madina Padati Dinas Koperasi UKM

WOL Photo
Iklan

PANYABUNGAN, Waspada.co.id – Kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Mandailing Natal hingga sore dipenuhi puluhan warga yang mengantri untuk mendapatkan pelayanan pengurusan BANPRES-PUM, Rabu (30/9).

Disebutkan, untuk membantu usaha kecil dan menengah, pemerintah pusat telah menyalurkan dana sebesar Rp2,4 juta kepada setiap pelaku UKM sebagai bantuan modal usaha bagi yang lolos verifikasi.

Kadis Koperasi UKM Madina, Ikhwan Efendi, mengatakan Dinas Koperasi UKM Madina sifatnya hanya mengusulkan data dan tidak memiliki wewenang dalam memverifikasi data.

“Kita sudah mengusulkan sebanyak 2191 data UKM ke provinsi. Tahap I sebanyak 757 UKM, tahap II sebanyak 783 dan pada tahap III sebanyak 651,” katanya.

Lanjutnya, data-data yang telah diterima provinsi juga nantinya akan diteruskan ke Kementerian Koperasi. Adapun tahapan-tahapan semuanya tetap melalui proses verifikasi dan saat ini sudah memasuki tahap IV.

iklan

Untuk menghindari kerumunan dalam pengurusan izin dan memaksimalkan pelayanan, Dinas Koperasi UKM Madina juga membatasi jumlah pendaftar per harinya. Hal ini mengacu kepada protokol kesehatan Covid-19.

“Kita batasi hanya 50 orang saja per harinya dan itu juga telah disosialisasikan oleh petugas kepolisian,” sebutnya. (wol/wang/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan