Wagubsu Berharap Mahasiswa Kontribusi pada Pariwisata Sumut

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

PEMATANGSIANTAR, Waspada.co.id – Selain keindahan Danau Toba yang mendunia, masih banyak objek wisata di Sumatera Utara yang potensial dikembangkan dan menarik wisatawan. Lulusan dan mahasiswa diharapkan bisa memberi kontribusi untuk pengembangan pariwisata Sumut.

Harapan ini diungkapkan Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah saat menjadi pemateri kuliah perdana Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan secara virtual dari sebuah restoran di Kota Pematangsiantar, Kamis (17/9).

“Kontribusi ini bisa berupa masukan, konsep, dan sebagainya. Mungkin salah satu fenomena menarik yang perlu teman-teman mahasiswa kaji adalah solusi pariwisata pada pandemi Covid-19 saat ini. Bagaimana cara sektor pariwisata bisa bangkit dan bertahan,” ujar Wagub.

Pria yang akrab disapa Ijeck ini kemudian mengapresiasi Poltekpar Medan sebagai lembaga pendidikan tinggi kedua di Indonesia yang memiliki program pascasarjana Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata.

“Semoga angkatan pertama ini nantinya membawa inovasi-inovasi baru terhadap pariwisata Sumut. Saya harapkan kalau sudah lulus nanti berkarir di Sumut,” pesannya.

iklan

Meskipun pembelajaran melalui daring, Ijeck mengingatkan agar senantiasa semangat. Pembelajaran lewat daring seperti ini harus dipandang sebagai pengalaman positif, khususnya dalam rangka lebih melek teknologi dan dunia digital.

Direktur Poltekpar Medan, Anwari Masatip, mengaku berbahagia lantaran kuliah perdana Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata Poltekpar Medan diisi Wagubsu. Katanya, hal ini merupakan suatu kehormatan yang akan selalu diingat para mahasiswa.

“Saya ucapkan selamat memulai kuliah perdana untuk 21 mahasiswa. Kalian patut berbangga lantaran kita nomor dua di Indonesia yang memiliki program terapan ini. Pesan saya bawa nama besar kampus dan beri kontribusi nyata untuk pariwisata Sumut,” ucap Anwar.

Kuliah perdana tersebut dimoderatori Direktur Pascasarjana Poltekpar Medan, Emrizal. Pemateri lainnya adalah dosen tetap Politeknik Negeri Bandung Gima Sugiama membawakan topik ‘Sukses Kuliah di Magister Terapan Pariwisata’, dan Mila Mardatila selaku praktisi pariwisata dari Disbudpar Bandung membawakan topik ‘Isu Pariwisata Global Terkini’.(wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan